Widget HTML #1

Askep Pasien Dengan Askariasis

Askariasis adalah salah satu penyakit tropis yang disebabkan oleh parasit Ascaris lumbricoides, yaitu nematoda besar dikenal juga dengan cacing gelang yang menginfeksi manusia di saluran pencernaan. Spesies lain, Ascaris suum yang menginfeksi babi terkadang dapat menginfeksi manusia. Pada tulisan ini, Repro Note akan merangkum mengenai Askep Askariasis atau cacing gelang mencakup konsep medik sampai intervensi keperawatan yang bisa dilakukan.

Tujuan

  • Memahami epidemiologi, patofisiologi, dan tanda gejala infeksi askariasis pada manusia
  • Memahami pemeriksaan, penatalaksanaan, komplikasi, dan pencegahan askariasis
  • Mengidentifikasi masalah keperawatan yang sering muncul pada askep askariasis
  • Melaksanakan intervensi keperawatan pada askep askariasis
  • Melaksanakan evaluasi keperawatan pada askep askariasis
  • Melakukan edukasi pasien dan keluarga pada askep askariasis

Askep Pasien Dengan Askariasis
Foto by Calicut Medical College from: wikimedia.org

Konsep Medik dan Askep Askariasis

Pendahuluan

Sekitar satu miliar orang di seluruh dunia mengalami askariasis, dan lebih dari 60.000 orang meninggal karena penyakit ini setiap tahunnya. Askariasis mempengaruhi sebagian besar negara tropis dan subtropis di seluruh dunia, dan sering didokumentasikan di Afrika Sub-Sahara, Amerika Latin, Cina, dan Asia Timur.

Askariasis disebabkan oleh Ascaris lumbricoides, yang merupakan parasit terbesar dari kelas nematoda yang biasa dikenal sebagai cacing gelang. Biasanya infeksi Ascaris lumbricoides atau Ascaris suum tidak menunjukkan gejala.

Askariasis paling umum terjadi pada anak-anak di negara tropis dan berkembang, di mana mereka terinfeksi akibat  kontaminasi tanah oleh kotoran manusia atau penggunaan kotoran sebagai pupuk,  serta tertelannya air atau makanan yang terkontaminasi oleh telur cacing.

Askariasis simtomatik biasnya terjadi selama fase migrasi larva atau cacing dewasa dan dapat bermanifestasi sebagai ganguan pertumbuhan, pneumonitis, obstruksi usus, atau cedera hepatobilier dan pankreas.

Epidemiologi

Prevalensi ascariasis tertinggi pada anak usia 2 sampai 10 tahun, dengan intensitas infeksi tertinggi terjadi pada anak usia 5 sampai 15 tahun yang memiliki infeksi simultan dengan cacing lain seperti Trichuris trichiura dan cacing tambang.

Iklim yang hangat dan basah di negara-negara tropis dengan sanitasi yang kurang optimal merupakan lingkungan yang sangat menguntungkan bagi penularan infeksi cacing. Prevalensinya menurun setelah usia 15 tahun.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan bahwa terdapat lebih dari satu miliar kasus infeksi askariasis di seluruh dunia. Tingkat askariasis pada tahun 2005 adalah sebagai berikut: 86 juta kasus di Cina, 204 juta di tempat lain di Asia Timur dan Pasifik, 173 juta di Afrika sub-Sahara, 140 juta di India, 97 juta di tempat lain di Asia Selatan, 84 juta di Amerika Latin dan Karibia, dan 23 juta di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini di pedesaan barat daya Nigeria, intensitas telur yang dikeluarkan per gram tinja di antara orang yang terinfeksi adalah 2371 untuk spesies Ascaris, 1070 untuk cacing tambang, dan 500 untuk spesies Trichuris, dengan tingkat yang hanya sedikit lebih rendah di antara orang-orang di daerah perkotaan.

Perkiraan tahun hidup yang disesuaikan dengan kecacatan akibat ascariasis telah turun karena program pengembangan dan manajemen selama tahun 1990-an, terutama di Asia, tetapi masih merupakan beban yang signifikan di beberapa negara. Saat ini tahun hidup yang disesuaikan dengan kecacatan terkait ascariasis (DALYs) adalah sekitar 1 juta, dengan morbiditas non-bedah yang sebagian besar terkait dengan wasting sindrom pada anak-anak.

Infeksi cacing suum telah terlihat di negara-negara di mana babi dipelihara dan kotoran babi digunakan sebagai pupuk. Kasus ini telah dilaporkan di Cina, Jepang, Thailand, Republik Demokratik Rakyat Laos, Myanmar, Amerika Serikat, dan Eropa.

Sebagian besar infeksi Ascaris lumbricoides atau Ascaris suum tidak menunjukkan gejala terutama pada orang dewasa. Ascariasis simtomatik yang parah paling sering terjadi pada anak-anak. Obstruksi usus yang disebabkan oleh beban cacing berat (≥60) adalah manifestasi penyakit yang paling umum.

Diperkirakan 2 per 1000 anak yang terinfeksi mengalami obstruksi usus per tahun. Di antara anak-anak berusia 1 hingga 12 tahun yang datang ke rumah sakit Cape Town dengan keadaan darurat perut antara tahun 1958-1962, infeksi Ascaris lumbricoides yang bergejala bertanggung jawab atas 12,8% kasus, dengan 68% di antaranya karena obstruksi usus, biasanya di ileum terminal.

Prevalensi infeksi di Vietnam diperkirakan sebesar 44,4%, lebih umum di daerah pinggiran utara dan pedesaan negara tersebut. Di Vietnam, budidaya sayuran menggunakan pupuk tanah menyebabkan risiko yang sangat tinggi. Anak dengan ascariasis kronis dapat mengalami penurunan pertumbuhan dan perkembangan karena asupan makanan yang berkurang.

Obstruksi usus, biasanya pada ileum terminal pada anak-anak adalah komplikasi fatal yang paling sering dikaitkan dan mengakibatkan 60.000 kematian per tahun. Selain obstruksi langsung pada lumen usus, toksin yang dikeluarkan oleh cacing hidup atau yang mengalami degenerasi dapat menyebabkan peradangan usus, iskemia, dan fibrosis.

Penyebab

Penyebab askariasis adalah nematoda Ascaris lumbricoides, nematoda besar yang ditularkan melalui tanah. Betina dewasa dapat mencapai panjang hingga 20- 30 cm, dan jantan dewasa hingga 15 - 20 cm.

Cacing betina lebih tebal dan memiliki ujung belakang yang lurus. Cacing jantan lebih ramping dengan ujung belakang melengkung ke perut dengan dua spikula yang dapat ditarik. Masa hidup rata-rata cacing dewasa adalah satu tahun, setelah itu mati dan secara spontan hilang saat pengeluaran feses melalui saluran pencernaan. Inilah alasan mengapa penyembuhan penyakit secara spontan dapat terjadi jika tidak ada infeksi ulang.

Patofisiologi

Setiap hari, Ascaris lumbricoides betina menghasilkan 240.000 telur yang dibuahi oleh cacing jantan di dekatnya. Telurnya berbentuk oval, berukuran 45-70 x 35-50 mikron dengan cangkang luar yang tebal.

Telur yang telah dibuahi dan dilepaskan ke tanah bersama feses dapat menjadi menular dalam waktu 5-10 hari. Penularan Infeksi terjadi melalui konsumsi oral makanan atau air yang terkontaminasi oleh tanah yang mengandung telur cacing dan menetas di usus kecil dalam waktu 4 hari.

Setelah di duodenum, larva dilepaskan dan memasuki sirkulasi melalui mukosa enterik. Setelah di kapiler (vena, arteri atau limfatik), mencapai hati melalui vena portal dan kemudian paru-paru dalam minggu pertama.

Di paru-paru, mereka merusak membran alveolus dan matang di alveolus. Akhirnya, larva dikeluarkan dan masuk kembali ke saluran pencernaan. Begitu berada di lumen usus kecil, larva matang menjadi cacing dewasa dalam waktu sekitar 20 hari.

Ketika cacing betina dan jantan dewasa bereproduksi, betina dapat menghasilkan sekitar 200.000 telur per hari, yang kemudian ikut keluar bersama feses atau kotoran. Dalam kondisi yang sesuai di lingkungan yang lembab, teduh, dan hangat, telur matang menjadi bentuk infektif dalam dua hingga delapan minggu dan bisa tetap hidup hingga 17 bulan. Mereka dapat tertelan dan memulai kembali siklus infektif.

Tanda dan Gejala

Pasien yang terinfeksi askariasis dapat asimtomatik atau tanpa gejala, hanya menunjukkan manifestasi jangka panjang dari retardasi pertumbuhan dan malnutrisi. Jika ada gejala, biasanya keluhan yang sering dirasakan adalah nyeri perut, kembung, mual muntah, anoreksia, diare intermiten.

Jika jumlah larva yang melewati paru-paru signifikan, pneumonitis dan eosinofilia dapat terlihat yang juga dikenal sebagai sindrom Loeffler. Gejalanya meliputi mengi, dispnea, batuk, hemoptisis, dan demam.

Pada superinfeksi, cacing dewasa dapat bermigrasi ke struktur tubular seperti sistem bilier dan pankreas yang menyebabkan kolesistitis, kolangitis, pankreatitis, obstruksi usus halus, volvulus, radang usus buntu, dan intususepsi. Anak-anak lebih rentan terhadap komplikasi daripada orang dewasa.

Pemeriksaan Diagnostik

Diagnosis infeksi dilakukan dengan memeriksa sampel tinja dari pasien menggunakan mikroskop untuk mengidentifikasi telur Ascaris lumbricoides. Dalam beberapa kasus, partikel tinja terkonsentrasi untuk meningkatkan kemungkinan menemukan telur nematoda.

Tes lain yang menunjukkan infeksi termasuk tes darah yang menunjukkan eosinofilia (peningkatan sel darah putih), Pemeriksaan rontgen perut atau USG dapat mendeteksi cacing dalam jumlah besar di usus.

Penatalaksanaan

Walaupun kasusnya ringan,  infeksi askariasis harus diobati untuk mencegah komplikasi dari migrasi parasit. Terapi medik yang bisa menjadi pilihan adalah albendazole 400 mg dalam dosis tunggal. Pilihan pengobatan kedua adalah mebendazol 100 mg dua kali sehari selama tiga hari atau 500 mg sebagai dosis tunggal atau ivermectin 100 -200 mikrogram/kg.

Pada kehamilan, piperazin 50 mg/kg/hari selama lima hari atau 75 mg/kg satu dosis atau pirantel pamoat 11 mg/kg hingga maksimum 1 g diberikan sebagai dosis tunggal.

Terapi medis akan menargetkan cacing dewasa, itulah alasan mengapa pengobatan harus diulang setelah satu hingga tiga bulan, untuk memberikan waktu bagi caccing yang masih berbentuk larva matang hingga dewasa dan rentan terhadap terapi. Agen alternatif lainnya termasuk nitazoxanide dan levamisol.

Jika terdapat obstruksi usus parsial, slang nasogastrik harus dipasang dan jangan berikan apa pun per oral, berikan cairan intravena dan piperazin. Jika terdapat obstruksi usus total, pasien mungkin memerlukan laparotomi untuk enterotomi untuk ekstraksi cacing, tetapi jika nekrosis ditemukan, mungkin memerlukan reseksi dan reanastomosis.

Setelah operasi dilakukan dan peristaltik usus dipulihkan, pengobatan anti-parasit medis harus diberikan untuk membunuh sisa telur.

Asuhan Keperawatan

Intervensi Keperawatan

  • Isolasi tidak dipedukan, cukup dengan membuang tinja dan sprei kotor dengan benar, menggunakan tindakan pencegahan standar.
  • Beri tahu pasien bahwa ia bisa mencegah infeksi kembali dengan mencuci tangannya sampai bersih, terutama sebelum makan dan setelah defekasi, dan dengan mandi dan mengganti pakaian dalamnya dan sprei tempat tidur setiap hari.
  • Beri tahu pasien mengenai efek merugikan dari obat yang diberikan padanya.
  • Waspada bahwa piperazine mempunyai kontraindikasi terhadap pasien yang menderita gangguan sawan dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di perut, pusing, dan urtikaria.Pyrantel membuat tinja dan vomitus berwarna merah, dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di perut, pusing, dan ruam; albendazole dan mebendazole bisa menyebabkan nyeri abdominal dan diare.


Referensi :

Amber Mahmood B. 2021. Ascariasis. Med Scape. Emedicine. https://emedicine.medscape.com/article/212510-overview

Charles Patrick Davis MD. 2020. Ascariasis Disese. Medicine Net. https://www.medicinenet.com/ascariasis/article.htm

De Lima Corvino DF, Horrall S. 2021. Ascariasis. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK430796/

Lamberton, P. H., & Jourdan, P. M. 2015. Human Ascariasis: Diagnostics Update. Current tropical medicine reports, 2(4), 189–200. https://doi.org/10.1007/s40475-015-0064-9

Nursing. Seri Untuk Keunggulan Klinis (2011). Menafsirkan Tanda dan Gejala Penyakit. Jakarta: PT Indeks