Widget HTML #1

Askep Pada Carpal Tunnel Syndrome

Carpal tunnel Syndrome adalah sindrom kompresi saraf yang paling umum dan terjadi karena adanya kompresi saraf median di pergelangan tangan, tepatnya di dalam terowongan karpal. Saraf ini melintas di sepanjang pembuluh darah dan tendon fleksor ke jari dan ibu jari tangan. Pada tulisan ini, Repro Note akan merangkum mengenai Askep Carpal Tunnel Syndrome mencakup konsep medis sampai intervensi keperawatan yang bisa dilaksanakan.

Tujuan

  • Memahami definisi, etiologi, penyebab, serta tanda dan gejala carpal tunnel syndrome
  • Memahami pemeriksaan dan penatalaksanaan pada pasien dengan carpal tunnel syndrome
  • Mengidentifikasi masalah keperawatan pada askep carpal tunnel syndrome
  • Melaksanakan evaluasi keperawatan pada askep carpal tunnel Syndrome
  • Melakukan edukasi pasien dan keluarga pada askep carpal tunnel Syndrome

Askep Pada Carpal Tunnel Syndrome
Gambar www.scientificanimations.com from:wikimedia.org

Konsep Medik dan Askep Carpal Tunnel Sydrome

Pendahuluan

Carpal tunnel syndrome (CTS) adalah kondisi medis umum yang menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan di tangan dan lengan individu yang terkena. Carpal Tunnel Syndrome terjadi ketika saraf median terjepit atau tertekan saat berjalan melalui pergelangan tangan.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah gangguan muskuloskeletal yang terkait dengan aktivitas kerja pada individu yang terkena, yang disebabkan oleh ketegangan dan aktivitas berulang, menjadikannya masalah umum pada seluruh pekerja manual.  Dengan demikian, Carpal Tunnel Syndrome  juga dapat dikaitkan dengan peningkatan ketidakhadiran dari pekerjaan dan risiko perawatan kesehatan lebih lanjut.

Faktor risiko carpal tunnel syndrome antara lain obesitas, aktivitas pergelangan tangan yang monoton, kehamilan, genetik, dan reumatoid artritis. Gejala carpal tunnel syndrome dapat bervariasi antar pasien. Dengan demikian, mereka diklasifikasikan secara berbeda menjadi ringan, sedang, dan berat.

Sindrom ini ditandai dengan nyeri pada tangan, mati rasa, dan kesemutan pada distribusi nervus medianus. Sensasi ini dapat dirasakan pada ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan sisi radial jari manis.

Perasaan yang menyakitkan dapat mengakibatkan penurunan kekuatan genggaman dan fungsi tangan. Terjadinya carpal tunnel sundrome dalam waktu lama juga dapat menyebabkan otot-otot di pangkal ibu jari mengecil.

Pada presentasi awal penyakit, gejala paling sering muncul pada malam hari saat berbaring dan mereda pada siang hari. Dengan perkembangan penyakit lebih lanjut, gejala juga akan muncul di siang hari, terutama dengan aktivitas berulang tertentu, seperti saat menggambar, mengetik, atau bermain video game. Pada tahapan penyakit yang lebih lanjut, gejalanya bisa konstan.

Sindrom terowongan karpal tidak menyebabkan kematian, tetapi dapat menyebabkan kerusakan saraf median yang ireversibel atau permanen, jika tidak diangani hal ini akan berdampak kehilangan fungsi tangan yang relatif parah.

Epidemiologi

Carpal Tunnel Syndrome adalah kondisi yang mempengaruhi satu atau lebih saraf perifer dan mengakibatkan mati rasa atau kelemahan pada organ tubuh yang terkena. Rata-rata, setidaknya 3,8% orang yang mengeluh sakit, tidak responsif, dan rasa gatal di tangan yang mengalami Carpal Tunnel Syndrome.

Kejadian Carpal Tunnel Syndrome terjadi sekitar 276 per 100.000  pertahun, dengan tingkat kejadian 9,2% untuk wanita dan 6% pada pria. Meskipun insiden Carpal Tunnel Syndrome umum terjadi pada semua kelompok umur, hal ini lebih sering terjadi pada orang dewasa antara usia 40 dan 60 tahun.

Di wilayah seperti Inggris, kejadian Carpal Tunnel Syndrome adalah antara 7% -16%, yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kejadian 5% di Amerika Serikat. Sebagian besar negara barat menunjukkan peningkatan jumlah gangguan muskuloskeletal terkait pekerjaan (WMSDs).

Hal ini terkait dengan peningkatan ketegangan dan gerakan berulang oleh individu. Eropa, pada tahun 1998 misalnya, melaporkan lebih dari 60% gangguan muskuloskeletal ekstremitas atas yang diakui sebagai insiden Carpal Tunnel Syndrome terkait pekerjaan.

Tingkat prevalensi juga dapat bervariasi di berbagai pekerjaan dan industri, dengan industri, seperti industri pengolahan ikan melaporkan terjadinya Carpal Tunnel Syndrome pada pekerja mereka sekitar 73%. 

Data tentang tingkat kejadian Carpal Tunnel Syndrome ini menggambarkan beratnya tantangan, menjadikannya area perhatian yang signifikan, yang akan membutuhkan strategi manajemen yang efektif.

Penyebab dan Faktor Resiko

Penyebab carpal tunnel syndrome adalah peningkatan tekanan carpal tunnel dan kompresi dari saraf median. Secara lebis spesifik, penyebab paling umum dari carpal tunnel syndrome antara lain kecenderungan genetik, riwayat gerakan pergelangan tangan berulang seperti mengetik, pekerjaan menggunakan mesin, obesitas, gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis, dan kehamilan.

Mayoritas kasus Carpal Tunnel Syndrome bersifat idiopatik, ditambah faktor risiko yang terkait dengan prevalensi kondisi medis ini. Faktor risiko ekologis yang penting seperti posisi ekstensi yang berlebihan pada pergelangan tangan dan penggunaan otot fleksor yang monoton.

Peningkatan angka kejadian carpal tunnel syndrome  juga dikaitkan dengan peningkatan rentang hidup pekerja, serta peningkatan faktor risiko seperti diabetes dan kehamilan, menopause, obesitas, gagal ginjal, hipotiroidisme, penggunaan kontrasepsi oral, gagal jantung kongestif,  dan artritis pascatrauma.

Patofisiologi

Patofisiologi Carpal Tunnel Syndrome melibatkan kombinasi trauma mekanik, peningkatan tekanan, dan kerusakan iskemik pada saraf median di dalam terowongan karpal. Mengenai peningkatan tekanan, tekanan normal dicatat bervariasi antara 2 mmHg dan 10 mmHg.

Pada terowongan karpal, perubahan posisi pergelangan tangan dapat mengakibatkan perubahan tekanan cairan yang signifikan. Dengan demikian, ekstensi meningkatkan tekanan hingga lebih dari 10 kali tingkat awalnya, sementara fleksi pergelangan tangan menyebabkan peningkatan tekanan delapan kali. Akibatnya gerakan berulang di pergelangan tangan merupakan faktor risiko yang signifikan untuk kejadian Carpal Tunnel Syndrome.

Pada cedera saraf, tahapan penting dalam kerusakan saraf median adalah demielinasi yang terjadi ketika saraf sering terkena kekuatan otomatis. Demielinasi saraf berkembang di lokasi kompresi dan menyebar ke segmen intermodal di mana akson utuh.

Dengan kompresi terus menerus, aliran darah ke sistem kapiler endoneurial terganggu menyebabkan perubahan pada sawar darah-saraf dan perkembangan edema endoneurial. Akibatnya, siklus yang terdiri dari kongesti vena, iskemia, dan perubahan metabolisme lokal.

Cedera iskemik juga dicatat sebagai elemen penting dalam carpal tunnel syndrome karena penilaian bahwa gejala cepat hilang setelah operasi pelepasan terowongan karpal. Iskemia tungkai meningkatkan parestesia pada pasien terowongan karpal. Hal ini terjadi dalam tiga fase, yaitu peningkatan tekanan intrafunicular, cedera pada kapiler dengan kebocoran dan edema, serta obstruksi aliran arteri pada pasien.

Tanda dan Gejala

Tanda dan gejala yang sering muncul pada carpal tunnel syndrome adalah pasien sering melaporkan mati rasa, kesemutan, dan nyeri yang meningkat di malam hari. Keluhan umum lainnya adalah kelemahan, kecanggungan, dan perubahan suhu. Jempol, jari kedua dan ketiga,serta setengah radial dari jari keempat biasanya terpengaruh.

Gejala carpal tunnel syndrome muncul lebih spesifik pada malam hari. Sindrom terowongan karpal bilateral sering terjadi, tetapi tangan yang dominan biasanya terkena terlebih dahulu.

Pada pemeriksaan fisik klinis mungkin termasuk pengujian defisit sensorik dan motorik serta bukti pengecilan otot tenar.  Terdapat beberapa tes khusus dengan berbagai tingkat sensitivitas dan spesifisitas.

Kelainan sensorik biasanya terdapat pada aspek palmar dari tiga jari pertama dan setengah radial dari jari keempat. Pemeriksaan sensorik paling berguna dalam memastikan bahwa eminensia tenar, eminensia hipotenar, dan dorsum.

Pemeriksaan Diagnostik

  • Pemeriksaan fisik memperlihatkan penurunan sensasi pada sentuhan cahaya atau sensasi tercocok di jari tangan yang diserang. Atrofi otot tenar terjadi di sekitar setengah dari semua kasus sindrom terowongan karpal.
  • Pasien menunjukkan tanda carpal tunnel syndrome positif (kesemutan di saraf median saat dilakukan perkusi ringan).
  • Uji pelenturan pergelangan tangan Phalen positif (menahan lengan atas secara vertikal dan membiarkan kedua tangan terjatuh menjadi fleksi menyeluruh di pergelangan tangan selama 1 menit akan menimbulkan gejala sindrom terowongan karpal).
  • Ujl kompresi mendukung diagnosis ini: Manset tekanan darah yang digembungkan di atas tekanan sistolik di lengan atas selama 1 sampai 2 menit akan memicu nyeri dan parestesia di sepanjang distribusi saraf median.
  • Elektromiografi mendeteksi keterlambatan konduksi motorik saraf median selama lebih dari 5 mdet.
  • Stimulasi listrik digital menyingkap kompresi saraf median melalui pengukuran terhadap lama dan intensitas stimulasi dari jari tangan ke saraf median di pergelangan tangan.

Penanatalaksanaan

  • Awalnya konservatif, antara lain mengistirahatkan tangan dengan membelat pergelangan tangan dalam ekstensi netral selama 1 sampai 2 minggu.
  • Jika diketahui ada hubungan yang jelas antara kondisi dan pekerjaan pasien, ia perlu mencari pekerjaan lain.
  • Pembedahan untuk meringankan kompresi saraf dengan mereseksi keseluruhan ligamen terowongan karpal melintang atau dengan melakukan teknik pembedahan endoskopik. Neurolisis (membebaskan serat saraf) juga bisa diperlukan.
  • Obat anti inflamatorik nonsteroidal oral dan injeksi kortikosteroid merupakan medikasi yang paling sering diberikan.

Asuhan Keperawatan

Intervensi Keperawatan

  • Beri analgesik bila perlu.
  • Dorong pasien menggunakan tangannya sesering mungkin. Jika tangannya yang dominan terganggu, Anda mungkin perlu membantunya makan dan mandi.
  • Ajari pasien cara memakai belat. Minta ia tidak membuatnya terlalu ketat. Tunjukkan cara melepasnya agar ia bisa melakukan latihan jangkauan-pergerakan yang ringan setiap hari. Pastikan pasien mengerti cara melakukan latihan ini sebelum ia pulang.
  • Setelah pembedahan, pantau tanda vital, dan secara teratur periksa warna, sensasi, dan gerakan tangan yang diserang.
  • Sarankan pasien mengenai siapa yang sebaiknya bertanggungjawab melatih tangannya dalam air hangat secara berkala. Jika lengannya masih dibalut ambin, minta ia melepaskan ambin tersebut beberapa kali per hari untuk melakukan latihan bagi siku dan bahunya.
  • Anjurkan konseling pekerjaan bagi pasien yang harus pindah kerja akibat menderita sindrom terowongan karpal. Bagi pasien yang harus tetap menjalani pekerjaan lamanya, anjurkan pengkajian ergonomis mengenai situasi kerja.


Referensi:

Genova, A., Dix, O., Saefan, A., Thakur, M., & Hassan, A. 2020. Carpal Tunnel Syndrome: A Review of Literature. Cureus, 12(3), e7333. https://doi.org/10.7759/cureus.7333

Morrison W, Healthline editorial. 2019. Carpal Tunnel Syndrome: www.healthline.com

Nursing. Seri Untuk Keunggulan Klinis. 2011. Menafsirkan Tanda dan Gejala Penyakit. Jakarta: PT Indeks

Sevy JO, Varacallo M. 2022. Carpal Tunnel Syndrome. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK448179/

Muhammad Alwi Andi, S.Kep., MMR
Muhammad Alwi Andi, S.Kep., MMR Dosen Keperawatan dan Manajemen Rumah Sakit. di STIKES YARSI MATARAM