Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Makalah Askep Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantung berisi bahan cair atau semipadat yang muncul di ovarium. Ovarium adalah organ kecil di panggul yang membuat hormon wanita dan menahan sel telur.

Jumlah diagnosis kista ovarium telah meningkat dengan meluasnya pelaksanaan pemeriksaan fisik secara teratur dan teknologi ultrasonografi. Penemuan kista ovarium menyebabkan kecemasan yang cukup besar pada wanita karena ketakutan akan keganasan, tetapi sebagian besar kista ovarium bersifat jinak. 

Download Makalah Askep Kista Ovarium
Image by http://www.scientificanimations.com on wikimedia.org

Kista ini dapat berkembang pada wanita dalam  setiap tahap kehidupan, dari periode neonatal hingga pascamenopause. Kebanyakan kista ovarium terjadi selama masa bayi dan remaja, yang merupakan periode perkembangan aktif secara hormonal. Sebagian besar bersifat fungsional dan sembuh tanpa pengobatan.

Terdapat berbagai jenis kista, sebagian besar di antaranya normal dan tidak berbahaya (jinak). Kista fungsional, yang tidak berhubungan dengan penyakit, terjadi sebagai akibat dari ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium. Kista fungsional umumnya menyusut dari waktu ke waktu, biasanya dalam 60 hari, tanpa pengobatan khusus.

Kista ovarium fungsional yang relatif umum, tidak boleh disamakan dengan jenis kista lain yang berhubungan dengan penyakit. Kondisi seperti sindrom ovarium polikistik dan kanker ovarium juga melibatkan pertumbuhan pada ovarium.

Kista yang kecil biasanya tidak menimbulkan gejala. Pada ukuran Kista yang lebih besar dapat menyebabkan gejala antara lain:

  • Nyeri panggul atau nyeri tumpul di punggung Anda.

  • Perasaan penuh (kembung) di perut bagian bawah.

  • Nyeri saat berhubungan.

  • Nyeri saat menstruasi

Beberapa gejala yang berkepanjangan dapat dikaitkan dengan kondisi yang disebut sindrom ovarium polikistik. Ini adalah kondisi yang menyebabkan menstruasi tidak teratur dan masalah terkait hormon lainnya, termasuk obesitas dan infertilitas. Gejala lain dari sindrom ovarium polikistik termasuk hirsutisme atau peningkatan pertumbuhan rambut tubuh dan kesulitan menurunkan berat badan....

Untuk Penjabaran yang lebih lengkap, Silahkan unduh Makalah Askep Kista Ovarium menelaui tombol Download dibawah ini.





Marthilda Suprayitna, Ners., M.Kep
Marthilda Suprayitna, Ners., M.Kep Praktisi dan Dosen Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Mataram

Posting Komentar untuk "Download Makalah Askep Kista Ovarium"