-->
bR7izkJOiKy1QUHnlV5rpCDjiDlVyiP6q1XpDxAH
Bookmark

Penyakit Amoebiasis, Epidemiologi sampai Penanganan

Amoebiasis atau disentri amuba adalah infeksi enteral parasit yang umum terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu amuba dari kelompok Entamoeba.

Amoebiasis dapat muncul tanpa gejala sama sekali, atau gejala ringan hingga berat  seperti nyeri perut, diare, atau diare berdarah. Komplikasi parah yang bisa terjadi antara lain peradangan, anemia,  dan perforasi yang mengakibatkan peritonitis.

Jika parasit mencapai aliran darah  dapat menyebar ke seluruh tubuh dan  bisa sampai ke organ hati lalu menyebabkan abses hati.  Abses hati bisa terjadi tanpa diare sebelumnya.

Penyakit Amoebiasis, Epidemiologi sampai Penanganan
Photo by Dr. N.J. Wheeler, Jr, USCDCP on Pixnio

Penyakit Amoebiasis, Konsep Dasar Medik

Definisi

Amoebiasis atau disentri amuba adalah infeksi usus parasit yang disebabkan oleh salah satu amuba dari kelompok Entamoeba. Penyakit amoebiasis bisa bersifat  asimtomatik atau muncul dengan keluhan sakit perut, diare, atau disentri.

Amuba dapat menyebar pada manusia melalui makanan atau air yang tidak bersih. Gejala yang timbul biasanya  diare, sembelit, nyeri perut dan demam. Diagnosis dilakukan berdasarksn pada analisis sampel tinja dan  tes lain juka diperlukan, seperti kolonoskopi, ultrasonografi dan tes darah.

Amoebiasis cenderung terjadi di daerah yang sanitasi tidak memadai atau kurang bersih. Parasit terdapat di seluruh dunia, tetapi sebagian besar infeksi terjadi di wilayah Afrika, Asia, dan sebagian Amerika Tengah dan Selatan.

Penyebab

Amoebiasis disebabkan oleh Protozoa Entamoeba histolytica. Terdapat tiga spesies amuba usus yaitu :

  • Entamoeba histolytica yang menyebabkan sebagian besar penyakit simtomatik.
  • Entamoeba dispar yang bersifat tidak pathogen
  • Entamoeba moshkovskii dilaporkan semakin meningkat, tetapi patogenisitasnya tidak jelas.

Organisme ini menyebar melalui rute oral-fekal. Kista yang terinfeksi sering ditemukan pada makanan dan air yang terkontaminasi.

Entamoeba Histolytica diklasifikasikan sebagai organisme biodefense kategori B karena stabilitas lingkungan, kemudahan penyebaran, ketahanan terhadap klorin, dan kemampuannya yang mudah menyebar melalui produk makanan yang terkontaminasi. Selain saluran pencernaan, Entamoeba histolytica dapat mempengaruhi berbagai sistem organ lain.

Spesies Entamoeba histolytica yang ada dalam dua bentuk yaitu Parasit aktif (trofozoit) dan Parasit yang tidak aktif (kista).

Epidemiologi

Amoebiasis terjadi di seluruh dunia tetapi sebagian besar terlihat di negara berkembang karena sanitasi yang menurun dan peningkatan kontaminasi tinja dari persediaan air.

Sumber utama infeksi adalah konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi oleh feses yang mengandung kista Entamoeba histolytica. Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung ke negara berkembang dapat terkena amoebiasis ketika mengunjungi daerah endemik.

Mereka yang dilembagakan atau immunocompromised juga berisiko. Organisme E. histolytica dapat hidup untuk waktu yang lama dalam bentuk kistik di lingkungan. Hal ini juga dapat diperoleh setelah inokulasi langsung rektum, atau dari peralatan yang digunakan. Terlepas dari beban kesehatan masyarakat global, tidak ada vaksin atau obat profilaksis untuk mencegah penyakit amoebiasis.

Di seluruh dunia setiap tahun, sekitar 50 juta orang terinfesi amoebiasis dan sebanyak 100.000 di antaranya meninggal. Fenomena Ini merupakan puncak gunung es karena hanya 10% -20% dari individu yang terinfeksi menjadi bergejala.

Prevalensi infeksi Entamoeba sekitar  50% di Amerika Tengah dan Selatan, Afrika, serta Asia. Penelitian seroprevalensi Entamoeba histolytica di Meksiko mengungkapkan bahwa lebih dari 8% populasi positif.

Pada daerah endemik, diidentifikasi bahwa sekitar  25% pasien memiliki antibodi terhadap Entamoeba histolytica sebagai akibat dari infeksi sebelumnya dan mungkin sebagian besar tanpa gejala. Prevalensi infeksi Entamoeba histolytica tanpa gejala tampaknya bergantung pada wilayah, misalnya seperti di Brasil yaitu sekitar 11%.

Di Mesir, 38% orang yang datang dengan diare akut ke klinik rawat jalan ditemukan menderita kolitis amuba. Sebuah penelitian di Bangladesh menunjukkan bahwa anak-anak prasekolah mengalami 0,09 episode diare terkait Entamoeba histolytica dan 0,03 episode disentri amuba setiap tahun. Di Kota Hue  Vietnam, kejadian tahunan abses hati amuba dilaporkan 21 kasus per 100.000 penduduk.

Sebuah penelitian epidemiologi di Mexico City melaporkan bahwa 9% dari populasi terinfeksi Entamoeba histolytica dalam periode 5 tahun hingga 10 tahun sebelum penelitian.

Berbagai faktor, seperti pendidikan yang buruk, kemiskinan, kepadatan penduduk, pasokan air yang terkontaminasi, dan kondisi yang tidak sehat, berkontribusi terhadap penularan penyakit amoebiasis ini.

Penularan Amoebiasis

Infeksi dimulai saat kista tertelan lalu menetas, melepaskan trofozoit yang berkembang biak dan dapat menyebabkan radang atau perlukaan di lapisan usus. Kadang-kadang, mereka menyebar ke hati atau bagian tubuh lainnya. Beberapa trofozoit menjadi kista  yang diekskresikan dalam tinja (feses) bersama dengan trofozoit. Di luar tubuh, trofozoit yang rapuh mati namun kista yang kuat dapat bertahan hidup, dan bisa menyebar ke orang lain.

Kista dapat menyebar langsung dari satu orang ke orang lain atau secara tidak langsung melalui makanan atau air. Di tempat-tempat dengan sanitasi yang buruk, amoebiasis menular tertelannya makanan atau air yang terkontaminasi. Buah dan sayuran dapat terkontaminasi jika ditanam di tanah yang dipupuk oleh kotoran manusia, dicuci dengan air yang tercemar, atau disiapkan oleh seseorang yang terinfeksi.

Penyakit amoebiasis dapat terjadi dan menyebar di tempat-tempat dengan sanitasi yang memadai jika orang yang terinfeksi, misalnya, di pusat penitipan anak.

Tanda dan Gejala

Gejala penyakit amoebiasis biasanya berkembang selama satu hingga tiga minggu  antara lain:

  • Diare atau buang air besar lebih dari 3 x sehari dengan konsistensi encer
  • Terkadang  terdapat darah dalam tinja
  • Sakit perut atau kram
  • Penurunan berat badan dan demam

Sebagian orang bisa mengalami diare parah dengan tinja yang mengandung lendir dan darah (disebut disentri). Beberapa orang mengalami sakit perut yang parah dan kram serta demam tinggi. Diare dapat menyebabkan dehidrasi. Terkadang benjolan besar (ameboma) dapat terbentuk di dalam usus besar (usus besar).

Pada beberapa orang, amuba bisa menyebar ke hati dan menyebabkan abses. Gejala berupa demam, berkeringat, menggigil, lemas, mual, muntah, penurunan berat badan, dan nyeri atau ketidaknyamanan di bagian kanan atas perut. Kulit juga dapat terinfeksi, terutama di area sekitar bokong (infeksi yang menyebar dari tinja yang terkontaminasi).

Patofisiologi

Entamoeba histolytica adalah parasit protozoa pembentuk pseudopoda yang menyebabkan proteolisis dan lisis jaringan dan manusia adalah hospes alaminya.

Infeksi amoeba dapat terjadi dengan menelan kista matang dalam makanan atau air yang terkontaminasi tinja atau dari tangan. Pembuangan kista dewasa terjadi di usus kecil, lalu trofozoit dilepaskan kemudian pindah ke usus besar.

Trofozoit meningkat melalui pembelahan biner dan menghasilkan kista. Kista dapat bertahan hidup berhari-hari hingga berminggu-minggu di lingkungan eksternal karena perlindungan yang diberikan oleh dinding kista. Kista bisa menyebar ke orang lain jika tertelan walauun dalam jumlah kecil dan dapat menyebabkan penyakit.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis amoebiasis, dilakukan pemeriksaan sampel tinja untuk dianalisis. metode terbaik adalah menguji tinja untuk mencari protein yang dilepaskan oleh amuba (pengujian antigen) atau menggunakan teknik reaksi rantai polimerase (PCR) untuk memeriksa tinja untuk materi genetik amoeba. Teknik PCR menghasilkan banyak salinan materi genetik amoeba dan dengan demikian membuat amoeba lebih mudah diidentifikasi.

Tes ini lebih berguna daripada pemeriksaan mikroskopis dari sampel feses, yang seringkali tidak meyakinkan. Selain itu, pemeriksaan mikroskopis mungkin memerlukan tiga hingga enam sampel feses untuk menemukan amuba. 

Bahkan ketika terlihat, Entamoeba histolytica kadang  tidak dapat dibedakan dari beberapa amuba lainnya. Misalnya, Entamoeba dispar yang kelihatannya sama tetapi berbeda secara genetik tidak menimbulkan penyakit.

Endoskopi dapat dilakukan untuk melihat ke dalam usus besar. Jika ditemukan ulkus atau tanda infeksi lain di sana, endoskopi digunakan untuk mengambil sampel cairan atau jaringan dari area abnormal tersebut.

Ketika amuba menyebar ke tempat-tempat di luar usus seperti hati, amuba mungkin tidak lagi ada di dalam tinja. Ultrasonografi, computed tomography (CT), atau magnetic resonance imaging (MRI) dapat dilakukan untuk memastikan abses di hati, tetapi tes ini tidak menunjukkan penyebabnya. Tes darah kemudian dilakukan untuk memeriksa antibodi terhadap amuba.


Prognosis

Infeksi amuba dapat menyebabkan morbiditas yang signifikan namun tingkat  mortalitas bervariasi tergantung pada berbagai  variabel. Secara khusus jika dikelompokan dalam kematian terkait protozoa, penyakit amoebiasis menempati urutan  kedua setelah malaria.

Tingkat keparahan penyakit amoebiasis meningkat pada beberapa kelompok, antara lain:

  • Anak-anak, terutama neonatus
  • Wanita hamil dan pasca melahirkan
  • Orang  yang menggunakan kortikosteroid
  • Orang yang  dengan penyakit  keganasan atau kanker
  • Orang yang mengalami kekurangan gizi

Infeksi usus karena amoebiasis umumnya merespon dengan baik terhadap terapi yang tepat, meskipun harus diingat bahwa infeksi dan pengobatan sebelumnya tidak akan melindungi terhadap kolonisasi di masa depan atau penyakit amoebiasis invasif berulang.

Amoebiasis usus asimtomatik terjadi pada 90% individu yang terinfeksi. Namun, hanya 4% -10% individu dengan  penyakit amoebiasis asimtomatik yang dipantau selama 1 tahun dan akhirnya mengembangkan penyakit ekstraintestinal.

Dengan pengobatan medis modern yang efektif, angka kematian penyakit amoebiasis telah turun di bawah 1% untuk pasien dengan abses hati amuba tanpa komplikasi. Namun, abses hati amuba dapat menjadi rumit jika terjadi  ruptur intraperitoneal mendadak yaitu pada 2-7% pasien, dan komplikasi ini menyebabkan kematian yang lebih tinggi.

Tingkat fatalitas kasus yang terkait dengan kolitis amuba berkisar dari 1,9% - 9,1%. Kolitis amuba berkembang menjadi kolitis nekrotikans fulminan atau ruptur pada sekitar 0,5% kasus. Dalam kasus tersebut, kematian dapat melebihi 40%  atau bahkan menurut beberapa laporan, 50%.

Penyakit amoebiasis pleuropulmoner memiliki angka kematian 15-20%.  Perikarditis amuba memiliki tingkat fatalitas kasus 40%, sedangkan  Amoebiasis serebral membawa kematian yang sangat tinggi yaitu sekitar 90%.

Pencegahan

Mencegah makanan dan air terkontaminasi dengan kotoran manusia adalah kunci untuk mencegah amoebiasis. Memperbaiki sistem sanitasi di area tempat infeksi sering terjadi akan sangat  membantu.

Saat bepergian ke daerah lain yang beresiko, hindari makan makanan mentah termasuk salad dan sayuran, dan harus menghindari konsumsi air dan es yang berpotensi terkontaminasi.

Kista amouba tidak bisa mati oleh sabun, klorin atau yodium konsentrasi rendah. Oleh karena itu, air di daerah endemik harus direbus lebih sampai mendidih dan sayuran harus dicuci dengan sabun deterjen dan direndam dalam asam asetat atau cuka selama 10-15 menit sebelum dikonsumsi.

Pengobatan

Pada Orang yang mengalami diare harus diberikan cairan pengganti  agar tidak mengalami dehidrasi.

Jika dicurigai amoebiasis dan orang tersebut memiliki gejala, obat amebisida seperti  metronidazole atau tinidazole dapat digunakan. Metronidazol harus diminum selama 7 sampai 10 hari, Tinidazole harus diminum selama 3 sampai 5 hari.

Tinidazole memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan metronidazole. Orang tidak boleh minum alkohol saat mengonsumsi salah satu dari obat ini atau selama beberapa hari setelahnya karena dapat menyebabkan mual, muntah, kemerahan, dan sakit kepala.

Metronidazole, tinidazole, atau nitazoxanide diberikan kepada wanita hamil hanya jika manfaatnya lebih besar daripada risikonya.

Baik metronidazole, tinidazole, atau nitazoxanide tidak membunuh semua kista yang ada di usus besar. Obat kedua seperti paromomycin, diiodohydroxyquin, atau diloxanide furoate digunakan untuk membunuh kista dan  mencegah kekambuhan.

Referensi

  1. Zulfiqar H, Mathew G, Horrall S. 2021.  Amebiasis. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/ books/ NBK519535/
  2. Vinod K Dhawan.2019.  Amebiasis. Med Scape. https://emedicine.medscape.com/article/212029-overview. 
  3. Richard D. Pearson. 2020. Amebiasis (Amoebiasis). Universiry of Virginia School of Medicine. MSD Manual.
  4. Ximénez C, et al. 2010.  Human amebiasis: breaking the paradigm?. Int J Environ Res Public Health. 7(3):1105-20. [Medline].
  5. Pritt BS & Clark CG. 2008. Amebiasis.  Mayo Clin Proc. 83(10):1154-9; Medline.
  6. Vinod K Dhawan. 2019. Amebiasis. Infectious Disease Med Scape.