Widget HTML #1

Perbedaan Laki Laki dan Perempuan Dalam Berbagai Aspek

Antara laki laki dan perempuan, memiliki kesamaan dan perbedaan. Hal ini telah menjadi topik perbincangan  dan menjadi hal mendasar dalam tatanan kehidupan manusia. Perbedaan ini mencakup aspek genetik, gonad dan fenotif.

Hal ini seharusnya bukan menjadi barometer adu hebat, siapa yang lebih dominan. Justru seharusnya menjadi sumber kajian untuk memahami kelebihan dan kekurangan masing masing.

Secara genetik, DNA laki laki dan perempuan 98.5% identik. Bahkan memiliki hormon yang sama, hanya rasio dan jumlahnya saja yang berbeda, seperti hormon testosteron lebih banyak dimiliki oleh laki laki dibandingkan perempuan.

Secara lebih mendetail, berikut fakta-fakta tentang perbedaan fisik biologis, psikologis, dan nutrisi antara laki laki dan perempuan.

Perbedaan Laki Laki dan Perempuan Dalam Berbagai Aspek
Foto Source : Amtec Photos

Perbedaan Laki Laki dan Perempuan

Perbedaan Fisik dan Biologis

1. Kulit

Perbedaan laki laki dan perempuan pada kulit adalah laki laki memiliki kulit yang lebih tebal sekitar 25% dan kepadatan protein kolagen yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. 

Inilah yang menjadikan kulit perempuan secara umum lebih halus daripada laki laki. Selain itu, laki laki juga memiliki tulang, tendon, dan ligamen yang lebih kuat dan strukturnya lebih padat.

2. Otot

Perbedaan laki laki dan perempuan pada otot adalah Sebagian besar laki laki memiliki massa otot lebih banyak dan lebih kuat dibandingkan perempuan. Tapi sebaliknya otot perempuan lebih adaptif terhadap kelelahan dan lebih cepat pulih dibandingkan laki laki.

Semakin banyak massa otot yang dimiliki, maka dibutukan semakin banyak darah untuk menyalurkan nutrisinya. Hal ini yang menyebabkan laki laki memiliki pembuluh darah yang lebih menonjol jika dibandingkan perempuan.

Pada masa pertumbuhan, anak perempuan mengembangkan keterampilan motorik halus lebih cepat daripada laki-laki. Hal inilah yang diduga menjadi penyebab kenapa tulisan tangan perempuan sebagian besar lebih rapi dibandingkan laki-laki.

3. Panjang Jari Tangan

Umumnya jari telunjuk perempuan lebih panjang daripada jari manis. Sedangkan kebalikannya, jari manis pada laki laki lebih panjang daripada jari telunjuk.

4. Otak

Perbedaan laki laki dan perempuan pada struktur otak adalah materi abu-abu lebih banyak dimilki oleh laki laki sedangkan perempuan memiliki lebih banyak materi putih yang menghubungkan berbagai bagian otak.

Hal ini mempengaruhi perbedaan cara otak  laki laki dan perempuan memproses informasi dan berinteraksi dengan sinyal kimiawi. Selain itu, perempuan memiliki pusat ingatan yang lebih besar daripada laki laki.

5. Voice Box

Laki laki memiliki voice box dan tulang rawan yang lebih menonjol dibandingkan perempuan, sehingga suara laki laki relatif lebih berat. pada laki laki lingkaran tulang rawan ini juga menonjol, dikenal dengan istilah jakun.

6. Tulang

laki laki dan perempuan mecapai puncak massa tulang sekitar usia 30 tahun. Pada usia 40 tahun, laki laki dan perempuan mulai mengalami penurunan massa tulang. 

Pada perempuan menopause mempercepat pengeroposan tulang. Jadi, perempuan di atas 50 tahun membutuhkan kalsium lebih banyak daripada laki laki. Kebutuhan kalsium pada perempuan sekitar 1200 mg, sedangkan pada laki laki 1000 mg.

7. Kadar Lemak

Terdapat perbedaan laki laki dan perempuan dalam komposisi lemak tubuh. Kadar lemak tubuh lebih tinggi pada perempuan sekitar 10% dibandingkan laki laki. 

Lemak ini dibutuhkan secara fisiologis oleh tubuh perempuan untuk mendukung reproduksi. Jika kadar lemak terlalu rendah, maka bisa terjadi gangguan menstruasi.

Pada perempuan lemak akan cenderung lebih menumpuk di area pinggul dan paha. Sedangkan pada laki laki lemak jika kelebihan lemak cenderung akan mengumpul di area perut.

8. Darah.

Laki laki memiliki lebih banyak sel darah merah dan  memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Perempuan lebih sensitif terhadap suhu dingin dibandingkan laki laki. Selain itu, aliran darah pada perempuan lebih terkonsentrasi di sekitar ekstremitas bawah, sedangkan pada laki laki lebih merata. Inilah penyebabnya tangan dan kaki terasa relatif lebih dingin.

9. Penciuman

perempuan memiliki indra penciuman dan pengecapan yang lebih baik dibandingkan laki laki. perempuan memilki lebih dari 50 sel didalam nervus olvaktorius, bagian otak yang bertanggung jawab untuk memproses bau. perempuan juga umumnya memiliki selera makanan yang lebih tinggi. 

10. Pengelihatan

Terdapat Perbedaan laki laki dan perempuan dalam kemampuan melihat. perempuan memiliki kemampuan membedakan warna lebih baik daripada laki laki. Ini disebabkan karena ia memilki lebih banyak sel P, yaitu sel yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi objek, serta menganalisis tekstur warna. 

Sedangkan laki laki memilki kemampuan lebih baik dalam mengidentifikasi dan melacak pergerakan objek. Hal ini disebabkan karena memilki retina yang lebih tebal dan sel M yang lebih besar. Sel M bertanggung jawab untuk melacak pergerakan objek.

11. Mendengar

Perempuan memiliki 11% neuron lebih banyak di pusat otak yang mengontrol bahasa dan pendengaran. perempuan tidak hanya mendengar lebih baik dibandingkan laki laki, mereka juga lebih peka untuk membedakan nada emosional secara intonasi dan suara.

Seiring bertambahnya usia, laki laki lebih sulit mendengar suara bernada tinggi, sementara perempuan lebih sulit mendengar suara bernada rendah.

12. Gangguan Syaraf

Dibandingkan perempuan, Prevalensi gangguan saraf lebih banyak terjadi pada laki laki seperti kejadian disleksia dan autisme. 

Hal ini diduga terkait dengan masalah gen. Otak laki laki lebih rentan terhadap cacat genetika. Sementara perempuan membutuhkan mutasi genetik yang lebih ekstrim untuk bisa menyebabkan ganguan yang sama.

13. Lebih peka terhadap nyeri

Perempuan lebih peka terhadap nyeri. Saat mengalami rasa nyeri, bagian otak yang berhubungan dengan fungsi internal (amiglada) kiri yang diaktifkan. Sedangkan pada laki laki yang aktif adalah amiglada bagian kanan saat mengalami nyeri. 

14. Tidur

Sebuah study di duke university mengungkapkan bahwa ternyata laki laki lebih bisa beradaptasi dengan kondisi kurang tidur. Sementara perempuan lebih terdampak secara fisik dan mental. Mereka beresiko lebih tinggi terkena gangguan jantung dan depresi.

15. Sakit

Perempuan cenderung lebih rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dibandingkan laki laki. Dan laki laki lebih cenderung berbohong atau menyembunyikan gejala mereka jika mengalami sakit. 

Perbedaan Psikologis dan Emosional

Perbedaan laki laki dan perempuan tidak hanya terbatas pada apek fisik saja, namun juga meliputi aspek psikologis dan emosional. berikut beberapa perbedaan tersebut.

1. Memproses informasi dan Bahasa

Perempuan dan laki laki memproses informasi secara berbeda. laki laki sebagian besar menggunakan belahan otak kiri, sedangkan perempuan cenderung menggunakan kedua belahan otak.

Perempuan cenderung mengembangkan kemampuan verbal di kedua sisi otak mereka. Ha inilah yang menyebabkan kecenderungan perempuan lebih “cerewet” dibandingkan laki laki. Demikian juga jika perempuan diminta mendeskripsikan sebuah cerita, objek, orang, perasaan atau tempat.

Sementara laki laki cenderung memilki kemampuan verbal lebih dominan pada otak sebelah kiri, dan secara keseluruhan memiliki lebih sedikit pusat verbal. laki laki juga memiliki konektifitas yang lebih rendah antara wilayah otak yang bertanggung jawab terhadap memori dengan wilayah yang bertanggung jawab atas emosi dan ekspresi.

Hal ini mungkin menjelaskan kenapa perempuan lebih peka dan lebih baik dalam berbicara tentang perasaan mereka. Dibandingkan laki laki lebih sulit untuk mengungkapkan atau mengekspresikan emosi dan perasaannya sehingga laki laki terkesan kurang peka.

Selain itu, perempuan memilki korteks frontal dan temporal yang lebih besar. Hal ini dianggap mempengaruhi kemampuan bahasa. Bagian otak ini matang lebih awal pada anak perempuan  sekitar 6 tahun dibandingkan anak laki-laki. 

Saat dalam kandungan, janin laki-laki dan perempuan menunjukan perbedaan otak saat usia 26 minggu. Pada tahap ini  otak perempuan mulai mengembangkan corpus callosum yang lebih tebal, yaitu bagian otak yang menghubungkan belahan kiri dan kanan.

2. Respon terhadap Stress 

Saat mengalami stress dan kecemasan, laki laki dan perempuan sama-sam mengeluarkan oksitosin. Perbedaannya adalah pada perempuan oksitosin bergabung dengan estrogen untuk menciptakan efek menenangkan. Sedangkan pada laki laki oksitosin bergabung dengan testosteron akan cenderung membuat laki laki lebih agresif.

Dalam menanggapi pengalaman emosional, laki laki hanya menggunakan satu sisi otak, sementara perempuan menggunaka kedua sisi. Selain itu  perempuan juga menyimpan memori yang lebih kuat terhadap peristiwa emosional dibandingkan laki laki.

3. Berfikir 3 Dimensi

Laki laki lebih mahir dalam memikirkan objek tiga dimensi daripada perempuan. Keterampilan ini mungkin berkembang sejak masa manusia berburu dan sering terlibat dalam peperangan dan kompetisi. 

4. Perempuan lebih Cepat khawatir

Perempuan lebih cenderung lebih cepat khawatir daripada laki laki. Hal ini diduga disebabkan oleh perbedaan komposisi hormonal dan faktor lingkungan. Namun ini justru hal baik, karena kekhawatiran memberi keuntungan dalam hal meramalkan dan menangani masalah.

5. Menangis

Hormon yang menghasilkan ASI pada perempuan juga mempengaruhi kelenjar air mata. Karena perempuan memiliki lebih banyak hormon ini dibandingkan laki laki, maka tubuh perempuan lebih mudah menghasilkan air mata dibandingka laki laki.

Beberapa perempuan memilki kadar hormon yang lebih tinggi. Hal inilah yang membuat mereka lebih cenderung cepat menangis, walaupun untuk masalah yang kecil. Meskipun demikian, keluarnya air mata dan menangis pada perempuan tidak selalu berarti mereka sedang mengalami kesedihan.

Perbedaan Kebutuhan Nutrisi

Pada rentang usia 14-51 tahun, perempuan biasanya memilki kebutuhan zat besi yang lebih tinggi daripada laki laki. Hal ini karena perempuan kehilangan darah selama menstruasi yang siklusnya setiap 28-40 hari sehingga lebuh rentan terkena anemia.

Folat adalah vitamin esensial bagi tubuh laki laki dan perempuan. Tapi khusus untuk perempuan subur, jika mengalami kehamilan, folat sangat dibutuhkan untuk perkembangan syaraf bayi mereka.

Pada saat berolahraga, bahan bakar utama perempuan adalah lemak, sedangkan laki laki menggunakan karbohidrat terlebih dahulu.

Kebutuhan kalori harian laki laki lebih besar dari perempuan. Hal ini disebabkan karena massa otot yang lebih banyak dan  laju metabolisme yang lebih tinggi. Sehingga pembakaran kalori relatif lebih tinggi pada laki laki.

Secara umum kebutuhan vitamin D sama antara laki laki dan perempuan. Tapi pada usia lansia perempuan perlu menambah asupan vitamin D untuk meningkatkan penyerapan kalsium.

Kebutuhan seng umumnya sama antara keduanya. Tapi memasuki masa menopause, kebutuhan seng pada perempuan lebih tinggi. Mereka menyimpan mineral seng di tulang. Tapi laki laki juga menyimpannya di prostat.

perempuan lebih sulit menetralisir alkohol karena memilki enzim pemecah alkohol yang lebih sedikit dibandingkan laki laki. Pada laki laki terdapat enzim yang lebih banyak untuk mengurai alkohol lebih cepat, sehingga efek alkohol menjadi lebih sedikit. Secara sederhana bisa dikatakan kalau perempuan akan lebih cepat mabuk jika mengkonsumsi alkohol.

Akhir Kata

Adanya perbedaan laki laki dan perempuan tidak mengindikasikan bahwa salah satu lebih hebat dari yang lainnya. Justru dengan memahami adanya perbedaan di atas, antara laki laki dan perempuan lebih bisa saling melengkapi dan bekerjasama satu sama lain. 

Disamping itu, dengan memahami karakteristik fisiologis masing masing, kita bisa menyesuaikan jenis aktifitas, olahraga, sampai pola konsumsi. Sebagai usaha untuk menjaga kesehatan agar bisa terus beraktifitas dan produktif sepanjang usia. Sekali lagi, ini bukan masalah kompetisi, tapi bagaimana agar bisa saling mengisi.


Sumber :
https://www.factinate.com
https://askthescientists.com
Zul Hendry
Zul Hendry Dosen Program Studi Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Mataram