Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenali Buah untuk Daya Tahan Tubuh agar Selalu Prima

Buah untuk daya tahan tubuh tentunya sangat dibutuhkan terlebih kita sedang mengalami masa pandemi Covid-19. Kita tentunya perlu melakukan usaha ekstra untuk menjaga tubuh tetap prima sehingga bisa beraktivitas secara optimal. Beragam upaya dan langkah dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tetap prima.

Langkah yang dapat dipilih adalah menerapkan pola istirahat, olahraga hingga memakan makanan bernutrisi. Rutin mengonsumsi makanan bergizi adalah upaya atau langkah baik. Langkah tersebut mampu membantu proses regenerasi sel dalam tubuh. Selain itu jika kita beristirahat secara teratur dan cukup, tentunya tubuh akan memiliki energi dalam proses penggantian sel atau jaringan yang rusak.

Jika kita tidak menjaga daya tahan tubuh dengan baik, tentunya sangat berpotensi akan mudah terserang dengan berbagai penyakit. Misalnya saja flu atau batuk. Meski tergolong jenis penyakit yang bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan khusus, namun tetap saja kondisi tersebut sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.

Kenali Buah untuk Daya Tahan Tubuh agar Selalu prima

Kita mengenal berbagai macam jenis makanan maupun minuman yang berfungsi untuk menjaga daya tubuh tetap prima. Kita bisa mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan efek yang maksimal. Berikut di antaranya jenis buah yang bisa menjaga tubuh tetap fit, prima dan selalu semangat ketika beraktivitas.

Jeruk bisa Dikonsumsi Rutin untuk Mendapatkan Khasiat Terbaik

Buah untuk daya tahan tubuh agar tetap prima yang bisa dipilih yakni jeruk. Tidak dapat dipungkiri, di dalam jeruk terdapat vitamin C. Vitamin tersebut berfungsi penting membuat tubuh tetap prima dikarenakan berperan dalam peningkatan produksi sel darah putih. Seseorang yang kekurangan vitamin tersebut tentu sangat berpotensi terserang penyakit, misalnya saja influenza.

Flu adalah penyakit umum yang di saat kondisi tubuh sedang menurun. Maka Anda dapat memakan jeruk secara rutin supaya kekebalan tubuh meningkat. Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C secara mandiri, maka dibutuhkan vitamin C yang berasal dari buah yang kita makan.

Jeruk sangat umum kita jumpai, baik di pasar maupun supermarket. Anda bahkan bisa menjumpai jeruk dalam berbagai jenis, mulai dari jeruk manis, lemon, hingga bali dengan ukuran besar. Jeruk mempunyai rasa yang manis sehingga membuat kita nyaman ketika mengonsumsinya. Meski jenis jeruk tertentu memiliki rasa masam. 

Buah untuk daya tahan tubuh tersebut ditawarkan di pasaran dengan harga sangat ramah kantong. Apalagi ketika saat musimnya. Anda bisa membeli jeruk sesuai kebutuhan untuk mencukupi kebutuhan Vitamin C sehari-hari. Pria maupun wanita tentu saja memiliki standar kebutuhan jumlah vitamin yang berbeda. 

Pria membutuhkan vitamin C lebih banyak dibandingkan wanita dengan, yakni 90 mg sementara wanita hanya 75 mg. Pengetahuan tersebut juga penting dipahami agar mampu menyediakan kebutuhan vitamin C sesuai. Jeruk berasal dari benua Asia, yakni Tenggara dan Timur sehingga sangat cocok ditanam di daerah tropis.

Jeruk juga sering digunakan sebagai campuran salad maupun kue. Anda dapat mengonsumsi jeruk dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya memakan langsung buahnya, dibuat jus, salad maupun puding. Anda bisa menyesuaikan selera mengenai cara mengonsumsinya.

Pepaya, Buah Bertekstur Lembut dan Manis

Jenis buah untuk daya tahan tubuh yang dapat dijadikan pilihan adalah pepaya. Buah tersebut memiliki beragam zat penting untuk. Misalnya saja vitamin C. Ketika Anda mengalami sariawan yang perih, maka pepaya dengan kandungan vitamin C tersebut mampu melakukan peran untuk mempercepat penyembuhan sariawan.

Pepaya dikenal memiliki kandungan zat seperti papain yang sangat berperan dalam proses pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi pepaya, tentu saja proses pencernaan kita lancar. Hal ini tentu saja membuat kita nyaman dalam beraktivitas. Pepaya memang buah yang hampir ada di sepanjang musim. Anda bahkan bisa menjumpainya dengan mudah di pasar tradisional.

Pepaya, buah untuk daya tahan tubuh juga dikenal memiliki beberapa jenis yang bisa dijumpai di Indonesia. Baik jenis lokal maupun impor. Pepaya lokal umumnya berbentuk lebih besar dibandingkan dengan jenis impor. Anda dapat memilih jenisnya sesuai keinginan.

Selain itu, buah tersebut adalah tanaman tropis. Sehingga dapat dijumpai pepaya tumbuh bagus di seluruh wilayah Indonesia. Anda dapat memakan pepaya langsung setelah mengupas kulitnya. Pepaya mempunyai tekstur lembut maka dari itu cocok dikonsumsi langsung.

Mangga Memiliki Beragam Vitamin Penting

Mangga adalah jenis buah untuk daya tahan tubuh untuk dijadikan alternatif pilihan. Mangga mengandung vitamin C serta berbagai zat agar tubuh memiliki daya tahan kuat. Mangga mempunyai kandungan vitamin A untuk membuat tubuh kita kebal terhadap adanya virus yang berpotensi menyerang.

Kandungan vitamin yang terdapat pada mangga tersebut sangat berperan penting menjaga kesehatan tubuh. Maka Anda dapat memakan mangga secara rutin agar memperoleh zat atau gizi optimal. Mangga juga mempunyai cita rasa manis sehingga cocok dikonsumsi sehari-hari.

Mangga, buah untuk daya tahan tubuh juga merupakan jenis buah tropis serta sangat cocok hidup di dataran rendah. Sehingga tidak mengherankan jika mangga selalu kita jumpai baik di pasar, supermarket maupun toko buah. Bahkan di seluruh wilayah Indonesia juga hampir membudidayakan mangga dan bahkan memiliki nama berbeda.

Mangga juga memiliki beragam jenis yang populer di Indonesia. Misalnya saja mangga manalagi maupun gadung. kedua jenis mangga tersebut memiliki rasa yang manis. Bahkan Mangga juga harganya sangat ramah di kantong sehingga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengonsumsinya secara rutin.

Anda bisa mengonsumsi mangga dengan berbagai cara. Mulai dari memakannya secara langsung, dibuat jus maupun salad. Mengonsumsi mangga secara langsung tentu saja sangat baik untuk mendapatkan nutrisi optimal dikarenakan serat semangka tidak hancur. Apalagi jika mangga memiliki rasa manis, tentu saja nikmat jika dimakan langsung.

Semangka Rendah Kalori serta Berair Banyak

Buah untuk daya tahan tubuh yang patut dipertimbangkan untuk dikonsumsi rutin yakni semangka. Tidak dapat dipungkiri bahwa semangka mempunyai kandungan vitamin C yang berperan penting menjaga tubuh tetap prima. Anda perlu mengonsumsi semangka secara rutin agar sel darah putih dapat diproduksi lebih meningkat sehingga dapat menghalau penyakit.

Semangka memiliki asal dari daerah gurun di Afrika, sehingga tidak mengherankan jika buah tersebut dapat tumbuh subur di daerah tropis. Semangka juga tahan terhadap suhu kering sehingga tidak mengherankan jika terkadang kita menjumpai buah tersebut di sawah. Meski masih berada di musim kemarau, semangka dapat tumbuh subur.

Semangka juga memiliki kandungan air yang banyak sehingga sangat cocok dikonsumsi saat udara panas. Anda dapat mengonsumsinya dengan berbagai cara. Mulai dari mengonsumsinya secara langsung maupun membuat jus. Jika dikonsumsi secara langsung, Anda akan mendapatkan nutrisi optimal serta serat buahnya juga tidak hancur.

Akhir Kata

Kita perlu melakukan berbagai upaya agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Anda dapat melakukan semua langkah penting agar imun tubuh tetap kuat sehingga nyaman melakukan berbagai aktivitas apa pun. Cara mudah untuk melakukannya yakni mengonsumsi buah untuk daya tahan tubuh sehari-hari agar manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh.

Ida Radliyatul Fahmi, S.Kep., Ners
Ida Radliyatul Fahmi, S.Kep., Ners Perawat Ruang Cardio Vascular Care Unit (CVCU) RSUD Provinsi NTB

Posting Komentar untuk "Kenali Buah untuk Daya Tahan Tubuh agar Selalu Prima"