Widget HTML #1

Askep Ansietas Pendekatan Sdki Slki Siki

Ansietas atau kecemasan adalah reaksi normal terhadap stres dan dapat bermanfaat dalam beberapa situasi untuk mengingatkan akan bahaya dan membantu mempersiapkan antisipasinya. Namun jika reaksi ini berlebihan, ansietas justru menjadi kontra produktif dan menimbulkan gangguan yang berdampak negatif terhadap tubuh dan produktivitas. Pada tulisan ini, Repro Note akan merangkum mengenai konsep dasar dan askep ansietas menggunakan pendekatan Sdki Slki Siki.

Tujuan

  • Memahami pengertian, epidemiologi, jenis, dan penyebab ansietas atau gangguan kecemasan
  • Memahami patofisiologi, tanda gejala, pemeriksaan, dan penatalaksanaan ansietas
  • Merumuskan diagnosa keperawatan pada askep ansietas atau gangguan kecemasan menggunakan pendekatan Sdki
  • Merumuskan luaran dan kriteria hasil pada askep ansietas atau gangguan kecemasan menggunakan pendekatan Slki
  • Melaksanakan intervensi keperawatan pada askep ansietas menggunakan pendekatan Siki
  • Melakukan edukasi pasien dan keluarga pada askep ansietas

Askep Ansietas Pendekatan Sdki Slki Siki

Konsep Medik dan Askep Ansietas

Pendahuluan

Rasa takut adalah keadaan alarm neurofisiologis otomatis yang ditandai dengan respons melawan atau lari terhadap penilaian kognitif tentang bahaya yang ada atau yang akan segera terjadi baik nyata atau yang dirasakan. 

Sedangkan ansietas atau gangguan kecemasan terkait dengan rasa takut dan bermanifestasi sebagai keadaan suasana hati berorientasi masa depan yang terdiri dari sistem respons kognitif, afektif, fisiologis, dan perilaku yang kompleks yang terkait dengan persiapan untuk peristiwa atau keadaan yang diantisipasi yang dianggap mengancam. 

Ansietas patologis dipicu ketika ada perkiraan ancaman yang dirasakan secara berlebihan atau penilaian bahaya yang salah dari suatu situasi yang mengarah pada respons yang berlebihan dan tidak pantas.

Ansietas adalah salah satu gangguan kejiwaan yang paling umum tetapi prevalensi sebenarnya tidak diketahui karena banyak orang tidak mencari bantuan atau dokter gagal membuat diagnosis.

Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (1980), ansietas dapat didefinisikan sebagai ketakutan, ketegangan, atau kegelisahan yang berasal dari antisipasi bahaya, yang mungkin internal atau eksternal. 

Meskipun beberapa definisi membedakan antara ketakutan sebagai reaksi emosional terhadap ancaman yang nyata dan disadari dan ansietas sebagai respons ketakutan ketika kenyataan tidak membenarkan respons seperti itu, penting untuk diingat bahwa manifestasi ansietas dan ketakutan dalam tubuh adalah sama. 

Berdasarkan beberapa penelitian 2 sampai 4% dari populasi umum diperkirakan mengalami gejala ansietas yang cukup untuk diklasifikasikan sebagai memiliki gangguan ansietas, sangat penting bahwa diperlukan pengkajia yang cermat untuk kehadiran ansietas dilakukan.

Epidemiologi

Ansietas adalah salah satu gangguan kejiwaan yang paling umum pada populasi, mencakup fobia spesifik 12,1%, gangguan ansietas sosial 7,4%,  dan agorafobia 2,5%. 

Gangguan kecemasan atau ansietas adalah jenis gangguan kejiwaan yang paling umum di negara maju seperti Amerika Serikat. Prevalensi gangguan ansietas seumur hidup pada orang dewasa Amerika adalah 28,8%.

Menurut hasil penelitian Epidemiological Catchment Area (ECA) dan studi National Comorbidity Survey (NCS), perkiraan tingkat prevalensi ansietas individu adalah 2,3-2,7% untuk gangguan panik, 4,1-6,6% untuk gangguan kecemasan umum, dan 2,6-13,3% untuk fobia sosial.

Prevalensi gangguan kecemasan spesifik tampaknya bervariasi antar negara dan budaya. Prevalensi rata-rata ansietas sosial di Eropa adalah 2,3%.

Studi ECA tidak menemukan perbedaan tingkat gangguan panik di antara populasi kulit putih, Afrika-Amerika, atau Hispanik di Amerika Serikat.

Rasio gangguan ansietas pada wanita dan pria adalah adalah 3:2. Kebanyakan gangguan ansietas dimulai pada masa kanak-kanak, remaja, dan dewasa awal.  Kebanyakan fobia sosial dimulai sebelum usia 20 tahun dengan usia rata-rata saat onset penyakit, 16 tahun.

Agoraphobia biasanya dimulai pada masa remaja akhir hingga awal masa dewasa dengan usia rata-rata saat onset penyakit, 29 tahun.

Jenis dan Penyebab Ansietas

Gangguan Kecemasan Umum

Gangguan kecemasan umum adalah Kekhawatiran dan ketegangan terus menerus yang berkelanjutan,  dapat disertai dengan gejala fisik, seperti gelisah, merasa gelisah atau mudah lelah, sulit berkonsentrasi, ketegangan otot atau masalah tidur. Kekhawatiran berfokus pada hal keseharian seperti pekerjaan, kesehatan, dan lain-lain.

Faktor genetik dan  lingkungan seperti trauma anak usia dini juga dapat berkontribusi pada risiko ansietas di kemudian hari.

Perdebatan apakah gen atau lingkungan yang dominan dalam ansietas telah mengerucut pada konklusi bahwa interaksi antara kedua faktor inilah yang lebih menentukan secara signifikan.

Sebagian besar ansietas yang muncul adalah gangguan psikiatri fungsional. Teori psikodinamika menjelaskan ansietas sebagai konflik antara id dan ego. Dorongan agresif dan impulsif mungkin dialami sebagai hal yang tidak dapat diterima yang mengakibatkan represi. Dorongan-dorongan yang ditekan ini dapat menerobos represi, menghasilkan ansietas otomatis.

Pasien dengan ansietas cenderung membayangkan skenario terburuk yang mungkin terjadi dan menghindari situasi yang mereka anggap berbahaya, seperti keramaian, ketinggian, atau interaksi sosial.

Gangguan Panik

Gejala inti dari gangguan panik adalah serangan panik berulang, kombinasi yang luar biasa dari tekanan fisik dan psikologis. 

Selama serangan panik, beberapa gejala ini:

  • Palpitasi, jantung berdebar atau detak jantung yang cepat
  • Berkeringat
  • Gemetar
  • Perasaan sesak napas atau sensasi tercekik
  • Sakit dada
  • Merasa pusing atau pingsan
  • Perasaan tersedak
  • Mati rasa atau kesemutan
  • Menggigil atau hot flashes
  • Mual atau sakit perut
  • Serangan panik dapat terjadi dengan gangguan mental lainnya seperti depresi atau PTSD.

Penyebab Gangguan panik tampaknya merupakan disfungsi neurokimia yang diturunkan secara genetik yang mungkin melibatkan ketidakseimbangan otonom, penurunan GABA-ergic, polimorfisme alel dari gen katekol-O-metiltransferase (COMT), peningkatan fungsi reseptor adenosin, peningkatan kortisol,  berkurangnya fungsi reseptor benzodiazepin, gangguan pada gen serotonin, serotonin transporter (5-HTTLPR), dan promotor (SLC6A4), norepinefrin, dopamin, kolesistokinin, dan interleukin-1-beta.

Pemicu panik dapat mencakup hal-hal berikut:

  • Cedera (misalnya, kecelakaan, operasi)
  • Penyakit
  • Konflik atau kehilangan interpersonal
  • Penggunaan mariyuana (dapat dikaitkan dengan serangan panik, mungkin karena menahan napas)
  • Penggunaan obat-obatan yang bersifat stimulan
  • Kondisi dan situasi tertentu, seperti toko dan transportasi umum (terutama pada pasien dengan agorafobia)
  • Sertraline dapat menyebabkan kepanikan pada pasien yang sebelumnya tanpa gejala.
  • Dalam setting eksperimental, gejala gangguan panik dapat timbul pada orang dengan dengan hiperventilasi, inhalasi karbon dioksida, konsumsi kafein, atau infus intravena natrium laktat hipertonik atau salin hipertonik, cholecystokinin, isoproterenol, flumazenil, atau naltrexone.

Gangguan ansietas sosial (fobia sosial)

Seseorang dengan gangguan ansietas sosial memiliki ansietas dan ketidaknyamanan yang signifikan dalam interaksi sosial. Orang dengan gangguan ini akan mencoba untuk menghindari situasi atau menanggungnya dengan sangat cemas.

Faktor genetik tampaknya berperan sebagai penyebab fobia sosial. Berdasarkan penelitian keluarga dan kembar, risiko fobia sosial tampaknya juga bisa diturunkan.

Fobia sosial dapat diprakarsai oleh pengalaman sosial yang traumatis misalnya, rasa malu atau oleh defisit keterampilan sosial yang menghasilkan pengalaman negatif yang berulang.

Hipotesa terakhir mengarah bahwa fobia sosial tampaknya merupakan interaksi antara faktor biologis, genetik dan peristiwa lingkungan.

Seorang psikoanalis kemungkinan akan mengkonseptualisasikan ansietas sosial sebagai gejala konflik yang lebih dalam-misalnya, harga diri rendah atau konflik yang belum terselesaikan dengan objek internal.

Bahkan jika tidak ada bahaya yang ditimbulkan di sebagian besar pertemuan sosial, respons penghindaran telah dikaitkan dengan situasi ini.

Fobia spesifik

Fobia adalah ketakutan terhadap hal tertentu yang sebenarnya tidak berbahaya. Ketakutan ini menyebabkan penderitaan sedemikian rupa sehingga beberapa orang berusaha keras untuk menghindari apa yang mereka takuti. Contohnya adalah berbicara di depan umum, takut terbang atau takut laba-laba.

Faktor genetik tampaknya juga berperan dalam fobia spesifik misalnya, pada fobia darah. Risiko fobia semacam itu juga tampaknya diturunkan. Selain itu, fobia spesifik dapat diperoleh dengan pengkondisian, pemodelan, atau pengalaman traumatis.

Agorafobia

Agoraphobia adalah ketakutan berada dalam situasi tertentu. Ketakutan biasanya tidak sesuai dengan situasi sebenarnya dan bisa berlangsung selama enam bulan atau lebih serta menyebabkan masalah dalam fungsi kehidupan sehari hari.

Seseorang dengan agorafobia akan mengalami ketakutan dalam situasi berikut:

  • Menggunakan transportasi umum
  • Berada di ruang terbuka
  • Berada di tempat tertutup
  • Berdiri dalam antrian 
  • Berada di keramaian
  • Berada di luar rumah sendirian

Penyebab Agorafobia mungkin merupakan hasil dari serangan panik yang berulang dan tidak terduga, yang, pada gilirannya, mungkin terkait dengan distorsi kognitif, respons terkondisi, dan/atau kelainan pada neurotransmisi noradrenergik, serotonergik, atau terkait GABA.

Patofisiologi

Sirkuit otak dan area tubuh yang terkait dengan gangguan ansietas mulai dipahami dengan perkembangan pencitraan fungsional dan struktural. Amigdala otak teridentifikasi sebagai kunci dalam memodulasi ketakutan dan ansietas.

Pasien dengan gangguan ansietas sering menunjukkan respons amigdala yang meningkat terhadap isyarat ansietas. Amigdala dan struktur sistem limbik lainnya terhubung ke daerah korteks prefrontalis.

Abnormalitas aktivasi prefrontal-limbic telah terbukti berbalik dengan respon klinis terhadap intervensi psikologis atau farmakologis.

Gamma Aminobutirat (GABA), norepinefrin, serotonin, norepinefrin dan peptida lain seperti CRF diduga terlibat sebagai mediator gangguan ansietas. Pada segmen perifer, sistem saraf otonom terutama sistem saraf simpatis, memediasi munculnya gejala.

Pemindaian Positron Emission Tomography (PET) telah menunjukkan peningkatan aliran di daerah parahippocampal kanan dan mengurangi pengikatan reseptor serotonin tipe 1A di cingulate anterior, posterior dan raphe pasien dengan gangguan panik.

Pemeriksaan CSF dalam penelitian menunjukkan peningkatan kadar orexin, juga dikenal sebagai hypocretin, yang dianggap memainkan peran penting dalam patogenesis panik.

Tanda dan Gejala

Gejala kognitif : takut kehilangan kendali, takut cedera fisik atau kematian, takut menjadi gila, takut evaluasi negatif oleh orang lain, persepsi ketidaknyataan atau detasemen, konsentrasi buruk, kebingungan, mudah teralihkan, penyempitan perhatian, kewaspadaan berlebihan terhadap ancaman, memori buruk, dan kesulitan berbicara.

Gejala fisiologis: peningkatan denyut jantung, palpitasi, sesak napas, napas cepat, nyeri dada atau seperti tertekan, sensasi tersedak, pusing, pusing, berkeringat, hot flashes, kedinginan, mual, sakit perut, diare, gemetar, kesemutan atau mati rasa di lengan dan kaki, kelemahan, ketidakstabilan, pingsan, otot tegang, kekakuan, dan mulut kering.

Gejala perilaku: menghindari isyarat atau situasi ancaman, melarikan diri, kegelisahan, agitasi, mondar-mandir, hiperventilasi, mematung, tidak bergerak dan kesulitan berbicara.

Gejala afektif: gugup, tegang, putus asa, ketakutan, ketakutan, ketakutan, gelisah, tidak sabar, dan frustasi.

Pemeriksaan 

Bila anamnesis dan pemeriksaan tidak menunjukkan gejala yang timbul dari gangguan medis lainnya, pemeriksaan laboratorium awal mungkin terbatas pada hal berikut: profil kimia hitung sel darah lengkap (CBC), tes fungsi tiroid, urinalisis, dan skrining obat urin. 

Jika gejala kecemasan tidak khas atau ada beberapa kelainan yang dicatat dalam pemeriksaan fisik, evaluasi yang lebih rinci dapat diindikasikan untuk mengidentifikasi atau menyingkirkan kondisi medis yang mendasarinya. Ini akan mencakup yang berikut: elektroensefalografi, pemindaian tomografi komputer (CT), elektrokardiografi, tes untuk infeksi, analisis gas darah arteri, radiografi dada, dan tes fungsi tiroid.

Penatalaksanaan 

Perawatan biasanya terdiri dari kombinasi farmakoterapi dan psikoterapi. Agen antidepresan adalah obat pilihan dalam pengobatan gangguan ansietas.

Kelompok pendukung secara langsung atau online dapat memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan strategi mengatasi gangguan ansietas tersebut.

Hindari kafein, yang dapat memperburuk gejala, dan tanyakan kepada dokter tentang obat yang perlu dikonsumsi untuk menurunkan gejala gangguan ansietas .

Terapi perilaku dan CBT telah menunjukkan kemanjuran. Komputerisasi CBT (Fear Fighter) telah direkomendasikan untuk panik dan fobia oleh National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE).

Terapi psikodinamik atau terapi berorientasi wawasan jarang diindikasikan sebagai pengobatan eksklusif untuk fobia dan sekarang sebagian besar digunakan untuk kasus gangguan fobia yang tumpang tindih dengan gangguan kepribadian.

Psikoterapi interpersonal (IPT) juga telah menunjukkan beberapa kemanjuran. Delapan percobaan meneliti penggunaan IPT untuk gangguan ansietas dan menemukan efek yang besar dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Asuhan Keperawatan

Intervensi Keperawatan 

  • Kaji intensitas kecemasan
  • Tentukan pemicu kecemasan
  • Kaji bagaimana respons pasien terhadap kecemasan
  • Berikan obat-obatan untuk meredakan kecemasan
  • Ajarkan pasien tentang kecemasan
  • Dorong pasien untuk mengembangkan kelompok pendukung
  • Dorong pasien untuk mencari konseling kesehatan mental
  • Ajarkan pasien tentang perawatan diri
  • Menyediakan sarana dukungan
  • Berinteraksi dengan pasien dengan cara yang tenang dan lembut
  • Berkomunikasi dengan bahasa sederhana
  • Biarkan pasien berbicara tentang emosi dan perasaan yang menyusahkan
  • Kaji pasien untuk ide bunuh diri
  • Membantu memperkuat kemampuan pemecahan masalah pasien
  • Beritahu pasien untuk membatasi alkohol dan minuman berkafein
  • Dorong pasien untuk berpartisipasi dalam fungsi sosial

Diagnosa, Luaran dan Intervensi Keperawatan Sdki Slki Siki

1. Diagnosa Keperawatan : Ansietas (D.0080) 

Definisi 

Kondisi emosi dan pengalaman subyektif terhadap objek yang tidak jelas dan spesifik akibat antisipasi bahaya yang memungkinkan individu melakukan tindakan untuk menghadapi ancaman.

Penyebab.

  • Krisis situasional.
  • Kebutuhan tidak terpenuhi.
  • Krisis maturasional.
  • Ancaman terhadap konsep diri.
  • Ancaman terhadap kematian.
  • Kekhawatiran mengalami kegagalan.
  • Disfungsi sistem keluarga.
  • Hubungan orang tua-anak tidak memuaskan.
  • Faktor keturunan (temperamen mudah teragitasi sejak lahir)
  • Penyalahgunaan zat.
  • Terpapar bahaya lingkungan (mis. toksin, polutan, dan lain-lain).
  • Kurang terpapar informasi.

Gejala dan Tanda Mayor.

Subjektif.

  • Merasa bingung.
  • Merasa khawatir dengan akibat.
  • Sulit berkonsentrasi.

Objektif.

  • Tampak gelisah.
  • Tampak tegang.
  • Sulit tidur

Gejala dan Tanda Minor.

Subjektif.

  • Mengeluh pusing.
  • Anoreksia.
  • Palpitasi.
  • Merasa tidak berdaya.

Objektif.

  • Frekuensi napas meningkat.
  • Frekuensi nadi meningkat.
  • Tekanan darah meningkat.
  • Diaforesis.
  • Tremor.
  • Muka tampak pucat.
  • Suara bergetar.
  • Kontak mata buruk.
  • Sering berkemih.
  • Berorientasi pada masa lalu.

Kondisi Klinis Terkait.

  • Penyakit Kronis.
  • Penyakit akut
  • Hospitalisasi
  • Rencana operasi
  • Kondisi diagnosis penyakit belum jelas
  • Penyakit neurologis
  • Tahap tumbuh kembang

2. Luaran

Tingkat Ansietas menurun (L.09093)

Kriteria hasil :

  • Verbalisasi kebingungan dan khawatir akibat kondisi yang dihadapi menurun
  • Perilaku gelisah dan tegang menurun
  • Palpitasi, tremor, dan pucat menurun
  • Konsentrasi dan pola tidur membaik
  • Orientasi membaik

3. Intervensi Keperawatan

Intervensi Utama : 

a. Reduksi Ansietas (I.09314)

Observasi

  • Identifikasi saat tingkat ansietas berubah (mis. Kondisi, waktu, stressor)
  • Identifikasi kemampuan mengambil keputusan
  • Monitor tanda anxietas (verbal dan non verbal)

Terapeutik

  • Ciptakan suasana  terapeutik untuk menumbuhkan kepercayaan
  • Temani pasien untuk mengurangi kecemasan , jika memungkinkan
  • Pahami situasi yang membuat anxietas
  • Dengarkan dengan penuh perhatian
  • Gunakan pendekatan yang tenang dan meyakinkan
  • Motivasi mengidentifikasi situasi yang memicu kecemasan
  • Diskusikan perencanaan  realistis tentang peristiwa yang akan datang

Edukasi

  • Jelaskan prosedur, termasuk sensasi yang mungkin dialami
  • Informasikan secara factual mengenai diagnosis, pengobatan, dan prognosis
  • Anjurkan keluarga untuk tetap bersama pasien, jika perlu
  • Anjurkan melakukan kegiatan yang tidak kompetitif, sesuai kebutuhan
  • Anjurkan mengungkapkan perasaan dan persepsi
  • Latih kegiatan pengalihan, untuk mengurangi ketegangan
  • Latih penggunaan mekanisme pertahanan diri yang tepat
  • Latih teknik relaksasi

Kolaborasi

  • Kolaborasi pemberian obat anti anxietas, jika perlu

b. Terapi Relaksasi

Observasi

  • Identifikasi penurunan tingkat energy, ketidakmampuan berkonsentrasi, atau gejala lain yang mengganggu kemampuan kognitif
  • Identifikasi teknik relaksasi yang pernah efektif digunakan
  • Identifikasi kesediaan, kemampuan, dan penggunaan teknik sebelumnya
  • Periksa ketegangan otot, frekuensi nadi, tekanan darah, dan suhu sebelum dan sesudah latihan
  • Monitor respons terhadap terapi relaksasi

Terapeutik

  • Ciptakan lingkungan tenang dan tanpa gangguan dengan pencahayaan dan suhu ruang nyaman, jika memungkinkan
  • Berikan informasi tertulis tentang persiapan dan prosedur teknik relaksasi
  • Gunakan pakaian longgar
  • Gunakan nada suara lembut dengan irama lambat dan berirama
  • Gunakan relaksasi sebagai strategi penunjang dengan analgetik atau tindakan medis lain, jika sesuai

Edukasi

  • Jelaskan tujuan, manfaat, batasan, dan jenis, relaksasi yang tersedia (mis. music, meditasi, napas dalam, relaksasi otot progresif)
  • Jelaskan secara rinci intervensi relaksasi yang dipilih
  • Anjurkan mengambil posisi nyaman
  • Anjurkan rileks dan merasakan sensasi relaksasi
  • Anjurkan sering mengulang atau melatih teknik yang dipilih’
  • Demonstrasikan dan latih teknik relaksasi (mis. napas dalam, peregangan atau imajinasi terbimbing )

Intervensi Pendukung : 

Bantuan Kontrol Marah, Biblioterapi, Dukungan Emosi, Dukungan Hipnosis Diri, Dukungan Kelompok, Dukungan Keyakinan, Dukungan Memaafkan, Dukungan Pelaksanaan Ibadah, Dukungan Pengungkapan Kebutuhan, Dukungan Proses Berduka, Intervensi Krisis, Persiapan Pembedahan, Teknik Distraksi, Terapi Hipnosis, Teknik Imajinasi Terbimbing, Teknik Menenangkan, Terapi Biofeedback, Terapi Diversional, Terapi Musik, Terapi Penyalahgunaan Zat, Terapi Relaksasi Otot Progresif, Terapi Reminiscence, Terapi Seni, Terapi Validasi, Konseling

Referensi:

Bandelow, B., & Michaelis, S. 2015. Epidemiology of anxiety disorders in the 21st century. Dialogues in clinical neuroscience, 17(3), 327–335. https://doi.org/10.31887/DCNS.2015.17.3/bbandelow

Chand SP, Marwaha R, Bender RM. 2022. Anxiety (Nursing). Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK568761/

Eeton CP, Kolos AC, Walkup JT. 2009. Pediatric generalized anxiety disorder: epidemiology, diagnosis, and management. Paediatr Drugs. 2009. 11(3):171-83. [Medline].

Lindsey Konkel. 2021. What Is Anxiety ? Cause, Diagnosis, Treatment, and Prevention. https://www.everydayhealth.com/anxiety/guide/

Nita V Bhatt MD. Anxiety Disorder. Med Scape. https://emedicine.medscape.com/article/286227-overview.

Philip R Muskin. 2021. What Are Anxiety Disordes?. American Psychiatric Association. https://psychiatry.org/patients-families/anxiety-disorders/what-are-anxiety-disorders

PPNI. 2017.  Standart Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI) edisi 1 cetakan II. DPP PPNI. Jakarta

PPNI. 2018.  Standart Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI) edisi 1 cetakan II. DPP PPNI. Jakarta

PPNI. 2019.  Standart Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI) edisi 1 cetakan II. DPP PPNI. Jakarta

Stein MB, Stein DJ. 2008. Social anxiety disorder. Lancet. 2008 Mar 29. 371(9618):1115-25. Medline

Zul Hendry
Zul Hendry Dosen Program Studi Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Mataram