Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Hal Penting Yang Harus Ditanyakan Kepada Dokter dan Perawat Saat dirawat di Rumah Sakit

Tidak ada seorangpun yang ingin sakit lalu masuk dan di rawat dirumah sakit. Kita bahkan selalu berdoa agar terhindar dari kondisi ini. 

Namun jika pada suatu waktu dimana kita harus mengalaminya dan tidak bisa dihindari lagi. Menjadi pasien yang akan dirawat di rumah sakit tentu akan menimbulkan stress tersendiri. 

Pada kondisi ini mencari informasi sejelas-jelasnya mengenai kondisi kita sebagai pasien akan mengurangi kecemasan dan stres yang timbul.

8 Hal Penting Yang Harus Ditanyakan Kepada Dokter dan Perawat Saat Kita dirawat di Rumah Sakit
Photo from piqsels.com

Bertanyalah kepada dokter dan perawat segala informasi yang kita butuhkan mengenai kondisi kita saat ini, pilihan pengobatan, prosedur medis yang akan dilakukan, obat-obatan, dan lain sebagainya. 

Tentunya Dokter dan Perawat akan dengan senang hati menjelaskan segala hal yang perlu kita ketahui sebagai pasien, karena hal itu juga merupakan bagian dari pendidikan kesehatan dan bentuk komunikasi terapiutik yang akan menunjang kesembuhan.

Hal Penting Yang Harus di Tanyakan Kepada Dokter dan Perawat di Rumah Sakit

Beberapa Hal yang harus kita tanyakan kepada dokter dan perawat saat dirawat di Rumah Sakit antara lain:

1. Bagaimana Kondisi dan Penyakit kita Saat Ini ?

Dari awal masuk ke rumah sakit, selau tanyakan mengenai kondisi dan perkembangan penyakit yang kita alami saat ini. 

Tiap jenis penyakit akan berbeda dampaknya terhadap tubuh. Termasuk juga tahap-tahap penyembuhan yang akan terjadi saat kita menjalani pengobatan.

Selalu tanyakan perkembangan kondisi kita, apakah ada perbaikan yang signifikan, atau apakan ada pemeriksaan lain yang harus dilakukan lagi untuk menunjang proses pengobatan yang kita jalani.

2. Apa saja pilihan pengobatan untuk kondisi kita?

Beberapa jenis penyakit atau cedera dapat diobati hanya dengan pengobatan, namun beberapa jenis harus melalui proses lain seperti operasi atau pembedahan. Pastikan kita bertanya kepada dokter atau perawat tentang semua pilihan perawatan yang tersedia serta pro dan kontranya. 

Mungkin ada satu atau beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit yang sama atau berbeda. Mengetahui dengan tepat segala alternatif terapi, prosedur dan tindakan yang bisa menjadi pilihan akan membantu kita membuat keputusan yang tepat.

3. Seberapa sering kita akan menjalani prosedur ini?

Mendapatkan berita bahwa kita membutuhkan tindakan operasi bisa jadi merupakan hal menakutkan. Itu sebabnya kita harus bertanya kepada dokter dan perawat di rumah sakit, apakah operasi yang akan dilakukan hanya sekali atau ada tindakan operasi tahap selanjutnya.

Selanjutnya kita bisa menanyakan hal-hal terkait berikut:

  • Risiko apa yang bisa terjadi terkait dengan prosedur operasi ini?
  • Apa yang akan terjadi jika kita tidak menjalani operasi ini?
  • Berapa lama masa pemulihan setelah operasi ini kita jalani ?

Pertanyaan lama pemulihan sangat penting karena itu menyangkut masa tinggal di rumah sakit dan bisa lebih lama dari yang kita rencanakan. Biasanya akan tergantung perkembangan kondisi kita sebagai pasien. 

4. Bagaimana prognosis jangka pendek dan jangka panjang penyakit yang kita alami?

Tidak selalu mungkin untuk memprediksi kesembuhan atau bagaimana kita akan terpengaruh oleh penyakit yang kita alami. 

Namun, dokter rumah sakit biasnya dapat memberi gambaran umum tentang kondisi tersebut. Dan, Dokter biasanya dapat menjelaskan beberapa skenario berbeda yang mungkin kita hadapi.

Jika penyakit yang kita alami tidak kunjung sembuh dan menjadi kronis, dokter akan merujuk ke fasilitas kesehatan lain yang lebih lengkap dan memberikan pengantar rujukan sebagai informasi ke fasilitas yang kita tuju.

5. Bagaimana penyakit ini akan mempengaruhi kehidupan dan pekerjaan kita?

Menanyakan pertanyaan ini kepada dokter dan perawat akan membantu kita memahami lebih banyak tentang seperti apa hidup kita setelah dipulangkan. 

Misalnya, kita mungkin perlu menghindari suatu jenis kegiatan fisik tertentu, atau mungkin perlu menghindari mengemudi untuk beberapa waktu.

6. Perubahan gaya hidup atau pola makan apa yang direkomendasikan setelah keluar dari rumah sakit?

Setelah mendapatkan perawatan atau operasi, mungkin ada hal-hal yang dapat dilakukan di luar rumah sakit yang dapat membantu kitapulih lebih cepat. 

Tanyakan kepada dokter dan perawat di rumah sakit apa yang mereka sarankan untuk dilakukan dan apakah ada perubahan gaya hidup yang harus kita lakukan. 

Misalnya, terkadang kita perlu mengubah pola makan atau tingkat aktivitas untuk meningkatkan penyembuhan atau mencegah kekambuhan. 

Contoh lainnya adalah jika kita mengalami cedera, mungkin memerlukan terapi fisik atau terapi okupasi setelah dipulangkan.

7. Perawatan lanjutan apa yang saya perlukan setelah saya keluar?

Poin penting lainnya adalah menanyakan dokter apa yang perlu kita tindak lanjuti setelah keluar dari rumah sakit dan seberapa cepat kita perlu menemui mereka. Jangan ragu untuk meminta janji temu agar kita memiliki transisi yang mulus ke perawatan rawat jalan.

8. Obat apa yang perlu diminum dan apa kemungkinan efek samping yang perlu diwaspadai?

Ini adalah pertanyaan penting yang sering dilupakan oleh banyak pasien. Pastikan kita mendapatkan daftar semua obat dan tanyakan tentang potensi efek samping dan risiko yang terkait saat meminumnya. 

Beberapa jenis obat yang dikonsumsi harus berdasarkan resep yang telah ditentukan. Dan bebrapa jenis obat dapat bereaksi dan berinteraksi dengan jenis obat lainnya dan bisa menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh.

Akhir Kata

Pastikan kita sebagai pasien menjadi bagian dari diskusi tentang perawatan yang kita jalani di rumah sakit. Ajukan pertanyaan apa pun yang kita rasa perlu kepada dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya yang terlibat dalam perawatan.

Jika kita memikirkan sesuatu ketika dokter dan perawat tidak ada, tulislah di buku catatan untuk ditanyakan di lain waktu.

Jangan takut untuk berbicara, kita juga harus tahu bahwa dokter dan perawat selalu memberi tahu kita apa yang akan mereka lakukan sebelum mereka melakukannya. Jika ada yang dirasa kurang jelas, tanyakanlah, pasti mereka dengan senang hati akan menjelaskannya.

Zul Hendry , Ners., M.Kep
Zul Hendry , Ners., M.Kep Dosen Tetap Program Studi Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Mataram

Posting Komentar untuk "8 Hal Penting Yang Harus Ditanyakan Kepada Dokter dan Perawat Saat dirawat di Rumah Sakit"