Widget HTML #1

Askep Pada Pasien Dengan Flu Burung

Flu burung adalah penyakit mematikan yang disebabkan oleh infeksi virus influenza yang berasal dari unggas. Meskipun seringkali tidak berakibat fatal pada burung, penyakit ini dapat membawa tingkat kematian yang tinggi bila menginfeksi manusia. Pada tulisan ini Repro Note akan merangkum mengenai askep flu burung mulai dari konsep medik sampai intervensi keperawatan yang bisa dilaksanakan.

Tujuan:

  • Memahami definisi, epidemiologi, penyebab, dan tanda gejala flu burung
  • Memahami penularan, pemeriksaan, serta penatalaksanaan pasien dengan flu burung
  • Memahami masalah keperawatan yang sering muncul pada askep flu burung
  • Melaksanakan intervensi keperawatan pada askep flu burung
  • Melakukan edukasi pasien dan keluarga pada askep flu burung
  • Melaksanakan evaluasi pada askep flu burung

Askep pada Pasien Dengan Flu Burung
Photo by Diane Borgreen from: flickr

Konsep Medik dan Askep Flu Burung

Pendahuluan

Flu burung adalah istilah umum yang menggambarkan penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis virus influenza A yang diketahui menginfeksi burung dan terkadang menyebabkan wabah penyakit virus pada manusia.

Flu burung atau avian influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh strain virus influenza yang terutama menyerang unggas. Pada akhir 1990-an, suatu jenis baru flu burung muncul yang luar biasa karena kemampuannya menyebabkan penyakit parah dan kematian, terutama pada unggas peliharaan seperti bebek, ayam, atau kalkun. Akibatnya, strain ini disebut flu burung yang sangat patogen artinya sangat parah dan menular dan disebut H5N1.

Sebagian besar subtipe flu burung yang menyebabkan infeksi pada manusia adalah virus H5, H7, dan H9. Sebagian besar kasus flu burung pada manusia disebabkan oleh strain Asia H5N1 dan H7N9, tetapi jenis lain juga menyebabkan beberapa infeksi pada manusia. Infeksi flu burung sering tidak menunjukkan gejala pada unggas liar tetapi dapat menyebabkan penyakit yang sangat mematikan pada unggas domestik.

Wabah flu burung yang terkenal antara lain wabah strain H5N1 di Hong Kong pada tahun 1997 dan H7N9 di Cina Timur dan Selatan pada tahun 2013. Meskipun beradaptasi dengan unggas, dan seringkali hanya menyebabkan penyakit ringan, virus flu burung bisa sangat berbahaya dengan penularan yang berhasil ke manusia dengan persentase kasus terkonfirmasi yang tinggi yang memerlukan rawat inap dan perawatan unit perawatan intensif (ICU).

Virus influenza A adalah bagian dari keluarga Orthomyxoviridae. Virus lain dalam kelompok ini termasuk virus influenza B dan C, thogotovirus dan isavirus. Sementara influenza B dan C telah ditemukan pada spesies lain, hanya influenza A yang ditemukan menginfeksi burung.

Mekanisme pasti penularan burung ke burung saat ini tidak diketahui dengan baik. Virus ini menular pada unggas yang terinfeksi melalui tinja dan saluran pernapasan. Terdapat jenis flu burung dengan patogenitas tinggi (HPAI) dan flu burung dengan patogenisitas rendah (LPAI).

Pada unggas, strain LPAI lebih umum dan biasanya menyebabkan penyakit dalam lingkup terbatas. Sedangkan pada manusia, baik galur HPAI maupun LPAI dapat menyebabkan wabah flu burung yang mematikan, meskipun lebih dominan galur HPAI.

Virus influenza A terbagi menjadi subtipe berdasarkan antigen yang ada pada dua glikoprotein permukaan virus, hemaglutinin dengan 16 kemungkinan antigen yang diketahui, dan neuraminidase dengan sembilan kemungkinan antigen yang diketahui.

Virus kemudian dideskripsikan menggunakan kombinasi antigen, seperti H5N1. Glikoprotein haemaglutinin akan diproduksi sebagai prekursor dalam virus ini. Hal ini penting karena protein yang diperlukan untuk memproses dan mengaktifkan protein pada galur LPAI.

Virus Avian Influenza (AIV) terjadi pada sebagian besar spesies burung, baik liar maupun domestik. Umumnya, unggas peliharaan bertanggung jawab atas wabah penyakit manusia karena mereka memiliki lebih banyak kontak dengan manusia.

Beberapa penyakit menyebar mungkin akibat burung yang bermigrasi yang dapat membawa penyakit ke lokasi yang berbeda di mana infeksi selanjutnya dan menyebabkan penularan ke manusia. Flu burung ditularkan ke manusia paling sering dari kontak langsung dengan unggas hidup atau kontak dengan unggas mentah di pabrik dan restoran.

Epidemiologi

Kasus manusia pertama H5N1 ditemukan di Hong Kong pada tahun 1997, banyak pasien memiliki gejala pernapasan yang parah, dan angka kematiannya tinggi. Penyebaran ke manusia ditanggulangi dengan memusnahkan populasi burung domestik.

Namun, pada tahun 2003 dan 2004, infeksi H5N1 pada manusia muncul kembali, dan beberapa kasus terus dilaporkan, terutama di Asia dan Timur Tengah, beberapa kasus dilaporkan di Mesir pada 2017. Satu infeksi pada manusia dikonfirmasi pada 2019 di Nepal. Lebih dari 800 infeksi manusia telah dikonfirmasi sejak 2003.

Strain baru flu burung diidentifikasi di China pada tahun 2013. Virus influenza A disebut H7N9. Identifikasi virus H7N9 dilaporkan 31 Maret 2013 Strain secara antigen berbeda dari virus flu burung H5N1.

Sejak penemuannya, setidaknya 48 subtipe berbeda dari H7N9 telah diidentifikasi. Karena beberapa virus H7N9 bertahan di beberapa kawanan ayam di China, para peneliti khawatir bahwa galur tersebut akan terus bertukar gen dengan virus flu lain dan mungkin memulai pandemi baru.

Pada 27 Agustus 2015, 844 kasus H5N1 telah dilaporkan di seluruh dunia, dengan 449 kematian. Sebagian besar kasus terjadi di Asia timur, beberapa kasus telah dilaporkan di Eropa Timur dan Afrika Utara.

Kurangnya pelaporan telah menjadi perhatian, khususnya di Cina, tetapi sikap yang berlaku tentang perlunya mencurigai, menguji, dan melaporkan kasus flu burung semakin meningkat. Ada 631 kasus influenza H7N9 yang dilaporkan, sebagian besar dari China, dengan kasus lain di Taiwan, Malaysia, Hong Kong, dan Kanada.

Penyebab

Virus Avian Influenza (AIV) menyebabkan penyakit pada manusia ketika suatu strain virus beradaptasi dengan inang manusia baik dengan reassortment dengan virus influenza dari spesies lain atau oleh antigenic drift atau keduanya.

Seperti disebutkan sebelumnya, galur virus HPAI diperkirakan diaktifkan di sebagian besar sistem organ inang, sementara galur LPAI menjadi teraktivasi di organ tertentu dengan enzim pengubah protein yang sesuai.

Patofisiologi

Pengikatan virus avian influenza (AIV) ke sel manusia sebagian besar melalui reseptor spesifik yang lebih umum ditemukan di saluran pernapasan. Patofisiologi flu burung dan influenza normal berbeda, dimana Flu burung melibatkan lebih banyak saluran udara bagian bawah daripada influenza manusia.

Keterlibatan ini mungkin karena perbedaan protein hemaglutinin dan jenis residu asam sialat yang mengikat protein. Virus unggas lebih menyukai asam sialat alfa (2-3) galaktosa, yang pada manusia ditemukan di bronkus terminal dan alveoli.

Tetapi virus manusia lebih menyukai asam sialat alfa (2-6) galaktosa, yang muncul pada sel epitel di saluran pernapasan bagian atas. Menariknya, reseptor yang disukai oleh sebagian besar virus flu burung, terutama H7N9, juga ditemukan di mata manusia. Hal ini mungkin menjelaskan gejala konjungtiva yang sering terlihat pada infeksi flu burung.

Setelah Virus flu burung memasuki sel inang, replikasi dapat diperpanjang secara relatif terhadap virus influenza manusia endemik. Pada wabah H5N1 1997, waktu rata-rata dari infeksi hingga deteksi virus adalah 6,5 hari, dan pada beberapa pasien, tidak ada virus yang terdeteksi hingga 16 hari.

Respon imun pejamu berperan dalam patogenisitas, karena penanda inflamasi tampak lebih tinggi pada pasien yang mengalami perjalanan penyakit yang lebih parah, dan adanya sel inflamasi di alveoli yang rusak pada evaluasi pasien post-mortem tampaknya mendukung saran ini.

Kegagalan organ patologis yang paling umum pada individu yang terinfeksi virus flu burung adalah kegagalan pernapasan karena pneumonia virus primer, yang tampaknya umumnya disebabkan oleh replikasi virus dan respons imun pejamu yang menghasilkan kerusakan alveolar difus serta perdarahan alveolar.

Ada beberapa informasi tambahan dalam penelitian tikus bahwa virus dapat mereplikasi dan menghasilkan apoptosis pada neuron kompleks pra-Botzinger, yang bertanggung jawab untuk menghasilkan ritme pernapasan, dan kerusakan yang disebabkan pada neuron ini kemungkinan menyebabkan pernapasan ataksik yang ditemukan pada kolaps pernapasan saat infeksi Virus Avuan Influenza.

Tanda dan Gejala

Gejala muncul rata-rata sekitar dua hingga delapan hari setelah terpapar. Orang yang terinfeksi mengalami gejala mirip flu antara lain:

  • Demam
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Mual.

Gejala sering berkembang menjadi masalah pernapasan yang parah, pneumonia, dan sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS).

Anak-anak mengalami gejala serupa. Infeksi virus ini dapat berkembang menjadi pneumonia dan bahkan gagal napas. Flu burung menyebabkan bentuk pneumonia yang sangat agresif (sindrom gangguan pernapasan akut atau ARDS) yang seringkali berakibat fatal.

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dari tahun 2005, sesak napas terjadi sekitar 5 hari setelah gejala pertama muncul.

Pemeriksaan Diagnostik

  • Influenza A/H5 (keturunan Asia) Virus Real-time RT-PCR Primer dan Probe Set bisa memberikan hash permulaan dalam waktu 4 jam, sedangkan uji yang lama membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari.
  • Sinar-X dada
  • Kultur nasofaringeal
  • Diferensial darah juga membantu memastikan diagnosis.

Penatalaksanaan

  • Medikasi antivirus oseltamivir (Tamiflu), dan bisa juga zanamivir (Relenza), bisa mengurangi keparahan penyakit, jika mulai diberikan 48 jam setelah gejala mulai terlihat.
  • Penanganan suportif  dan penanganan simtomatik
  • Orang yang didiagnosis terinfeksi H5N1 sebaiknya diisolasi.
  • Saat ini tidak ada vaksin yang bisa melawan avian influenza, namun vaksin yang melawan H5N1 sedang diuji dalam percobaan klinis.

Asuhan Keperawatan

Intervensi keperawatan

  • Edukasi Para pelancong sebaiknya tidak mengunjungi pasar burung-hidup di area yang terserang avian flu.
  • Orang yang bekerja dengan burung dan mungkin terinfeksi sebaiknya memakai pakaian pelindung dan masker bernapas khusus.
  • Katakan pada pasien bahwa menghindari fining yang mentah atau tidak masak akan mengurangi risiko paparan avian flu dan penyakit terbawa-makanan Iainnya.
  • Ajari pasien cara membuang tisu dan teknik mencuci tangan yang benar.
  • Lihat adakah tanda dan gejala komplikasi.
  • Sampel H5N1 dari infeksi manusia terbukti resistan pada medikasi antivirus amantadine dan rimantadine, jadi medikasi tersebut tidak bisa digunakan jika terjadi infeksi H5N1.


Referensi

Charles Patric Davis. 2021. Bird Flu (Avian Influenza, Avian Flu). Medicine Net.

Nicholas John Bennett. 2021. Avian Influenza (Bird Flu). Med Scape Emedicine. https://emedicine.medscape.com/article/2500029

Nursing.Seri Untuk Keunggulan Klinis (2011). Menafsirkan Tanda dan Gejala Penyakit. Jakarta: PT Indeks

Sendor AB, Weerasuriya D, Sapra A. 2022.  Avian Influenza. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK553072/