Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Makalah Konsep Teori Tuberculosis (TBC)

Tuberculosis adalah infeksi menular kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis menyebar ketika orang menghirup udara yang terkontaminasi oleh orang yang memiliki penyakit aktif.

Batuk adalah gejala yang paling umum, kadang disertai demam, keringat malam, berat badan turun, merasa tidak enak badan, dan jika tuberkulosis menyerang organ lain akan menimbulkan berbagai gejala sesuai organ yang terkena.

Diagnosis dilakukan dengan tes kulit tuberkulin atau tes darah, rontgen dada, pemeriksaan dan kultur sampel dahak. Diagnosis dan pengobatan dini ditambah isolasi orang dengan penyakit aktif sampai mereka merespons pengobatan akan membantu mencegah penyebaran tuberkulosis.

Tuberkulosis biasanya mempengaruhi paru-paru, meskipun dapat mempengaruhi hampir semua organ dalam tubuh.

Download Makalah Konsep Teori Tuberculosis (TBC)
image by https://www.myupchar.com on wikimedia.org

Tuberkulosis telah menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius sejak lama. Pada 1800-an, penyakit ini menyebabkan lebih dari 30% dari semua kematian di Eropa. Dengan munculnya antibiotik antituberkulosis pada akhir 1940-an, angka kematian berkurang.

Namun, karena faktor-faktor lain seperti sumber daya kesehatan masyarakat yang tidak memadai, penurunan respons kekebalan akibat AIDS, perkembangan resistensi obat, dan kemiskinan di beberapa bagian dunia, tuberkulosis masih menjadi penyakit mematikan di seluruh dunia, terutama negara berkembang.

Jumlah kasus baru sangat bervariasi menurut negara, usia, ras, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi. Pada 2016, 64% kasus baru terjadi di tujuh negara. Kasus baru terbanyak terjadi di India, disusul Indonesia, China, Filipina, Pakistan, Nigeria, dan Afrika Selatan.

Diperkirakan 1 juta kasus baru terjadi pada anak-anak, dan 250.000 anak meninggal karena tuberkulosis.

Sekitar seperempat dari semua orang di dunia diperkirakan terinfeksi. Sebagian besar memiliki infeksi tuberkulosis (laten) yang tidak aktif. Hanya sebagian kecil dari infeksi ini berkembang menjadi tuberkulosis aktif. Pada suatu waktu, sekitar 15 juta orang di seluruh dunia menderita tuberkulosis aktif.

Di seluruh dunia, tuberkulosis adalah penyebab kematian kesembilan. Ini adalah penyebab utama kematian akibat penyakit menular, diikuti oleh infeksi human immunodeficiency virus (HIV).

Infeksi HIV AIDS sangat meningkatkan risiko terkena tuberkulosis dan kematian, Pada tahun 2016, sekitar 0,4 juta orang dengan infeksi HIV meninggal karena tuberkulosis. Tuberkulosis adalah penyebab umum kematian di antara orang dengan infeksi HIV, menyebabkan sekitar 40% dari kematian mereka.

Untuk lebih lengkap mengenai tuberculosis, Silahkan diunduh makalahnya dengan menekan Tombol Download di bawah ini.

 





Muhammad Alwi Andi, S.Kep., MMR
Muhammad Alwi Andi, S.Kep., MMR Dosen Keperawatan dan Manajemen Rumah Sakit. di STIKES YARSI MATARAM

Posting Komentar untuk "Download Makalah Konsep Teori Tuberculosis (TBC)"