Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Makalah HIV AIDS dan Pendidikan Kesehatan

HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang merusak dan menghancurkan sistem imun tubuh. Tanpa sistem kekebalan yang kuat, tubuh akan kesulitan melawan penyakit. Baik penyakit yang berasal dari virus maupun infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme lain.

Cara kerja HIV adalah dengan menginfeksi dan merusak sel CD4+ yang merupakan bagian dari leukosit. Jika terlalu banyak sel CD4+ yang dihancurkan, tubuh tidak dapat lagi mempertahankan diri terhadap infeksi.

AIDS atau Acquired Immunodeficiency Syndrom merupakan sekumpulan gejala dan penyakit yang timbul pada tahap akhir infeksi HIV. Penderita AIDS memiliki jumlah sel CD4+ yang rendah dan mengalami infeksi atau kanker yang jarang terjadi pada orang sehat. 

Download Makalah HIV AIDS dan Pendidikan Kesehatan
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Namun memiliki HIV tidak berarti menderita AIDS. Bahkan tanpa pengobatan, HIV membutuhkan waktu lama untuk berkembang menjadi AIDS, biasanya 10 hingga 12 tahun.

Ketika HIV didiagnosis sebelum menjadi AIDS, obat-obatan dapat memperlambat atau menghentikan kerusakan sistem kekebalan. Jika AIDS berkembang, obat-obatan seringkali dapat membantu sistem kekebalan tubuh kembali ke keadaan yang lebih sehat.

Dengan pengobatan, banyak orang dengan HIV dapat hidup lama dan aktif.

Infeksi HIV disebabkan oleh human immunodeficiency virus. Penularan HIV melalui kontak dengan darah, dan cairan yang terinfeksi.

Kebanyakan orang mendapatkan virus dengan melakukan hubungan tanpa pengaman dengan seseorang yang memiliki HIV.

Cara umum lainnya untuk penularan HIV  adalah dengan berbagi jarum suntik dengan seseorang yang terinfeksi HIV.

Virus HIV juga bisa ditularkan dari ibu ke bayi selama proses kehamilan, melahirkan, dan pemberian ASI.

HIV tidak bertahan dengan baik di luar tubuh. Jadi tidak bisa menular melalui kontak biasa seperti berbagi gelas minum dengan orang yang terinfeksi.

Materi lebih lengkap mengenai Konsep HIV AIDS dan Pendidikan Kesehatan Silahkan unduh Resume Makalah melalui Tombol Download dibawah ini.  





Muhammad Alwi Andi, S.Kep., MMR
Muhammad Alwi Andi, S.Kep., MMR Dosen Keperawatan dan Manajemen Rumah Sakit. di STIKES YARSI MATARAM

Posting Komentar untuk "Download Makalah HIV AIDS dan Pendidikan Kesehatan"