Widget HTML #1

Download Makalah Konsep Teori Pendidikan Kesehatan

Dalam pelayanan keperawatan, seorang perawat tidak hanya berperan  memberikan asuhan keperawatan, memberikan obat, atau pemenuhan kebutuhan bio psiko sosial spiritual. Perawat juga bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan kesehatan, meliputi upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Dengan menyampaikan informasi saat melakukan pendidikan kesehatan, perawat membantu pasien meningkatkan status kesehatan mereka.

Pendidikan kesehatan  adalah bagian penting dari pekerjaan perawat. Pendidikan memberdayakan pasien untuk meningkatkan status kesehatan mereka. Ketika pasien terlibat dalam segala upaya kesehatan yang menyangkut kondisi mereka, akan dapat meningkatkan peluang keberhasilan mereka dan meningkatkan hasil yang positif.

Download Makalah Konsep Teori Pendidikan Kesehatan
Photo by Hassan Zakizadeh, USAID on Pixnio

Banyak pasien yang tidak memiliki pengetahuan memadai tentang kesehatan. Perawat harus menilai pasien mereka untuk menentukan cara terbaik dalam menentukan metode komunikasi dan memberikan pendidikan kesehatan serta menentukan seberapa banyak mereka memahami tentang kondisi mereka. 

Perawat harus menyesuaikan strategi pengajaran mereka dalam pendidikan kesehatan agar sesuai dengan preferensi pasien. Banyak pasien menginginkan informasi rinci, meskipun beberapa mungkin hanya meminta daftar periksa.

Dalam pendidikan kesehatan, tidak setiap pasien memiliki kemampuan belajar yang sama. Pasien mungkin memiliki gangguan perkembangan atau keterbatasan literasi. Beberapa pasien mungkin merespon lebih baik terhadap konten visual daripada teks biasa. Orang lain mungkin memiliki gangguan pendengaran atau penglihatan. Perawat mungkin menghadapi hambatan bahasa atau budaya.

Untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dalam pendidikan kesehatan terhadap pasien, perawat harus mengembangkan hubungan yang mendukung dengan pasien mereka. Pasien yang dibekali dengan pengetahuan dapat melakukan perubahan gaya hidup dan tetap mandiri meskipun memiliki kondisi medis kronis. Pendidikan kesehatan dapat meningkatkan kemungkinan hasil yang sukses dan meningkatkan keselamatan dan kepuasan pasien.

Untuk Penjelasan lebih lengkap tentang konsep pendidikan kesehatan, silahkan unduh file Resume Makalah melaui tombol Download di Bawah ini.




Muhammad Alwi Andi, S.Kep., MMR
Muhammad Alwi Andi, S.Kep., MMR Dosen Keperawatan dan Manajemen Rumah Sakit. di STIKES YARSI MATARAM