Widget HTML #1

Download Makalah Askep Rheumatoid Arthritis Pada Lansia

Pada usia lanjut, terjadi peningkatan resiko berbagai penyakit degeneratif termasuk rheumatoid arthritis. Rematoid atritis adalah penyakit peradangan sistemik kronis yang tidak diketahui penyebabnya dengan manifestasi pada sendi perifer dengan pola simetris. 

Konstitusi gejala, termasuk termasuk kelahan, malaise, dan kekakuan pada pagi hari. Pada rematoid atritis sering melibatkan ekstra-artikular seperti kulit, jantung, paru-paru, dan mata. Rematoid athritis menyebabkan kerusakan sendi dan dengan demikian sering menyebabkan morbiditas dan kematian yang cukup besar.

Download Makalah Konsep Askep Rheumatoid Arthritis Pada Lansia
Photo by UCL News on Flickr

Reumatoid Athritis merupakan suatu penyakit inflamasi sistemik kronik yang manifestasi utamanya adalah poliartritis yang progresif, akan tetapi penyakit ini juga melibatkan seluruh organ tubuh.

Penyebab utama kelainan ini tidak diketahui. Ada beberapa teori yang ditemukan mengenai rematoid atritis, yaitu :

  • Infeksi streptokokus hemolitikus, dan streptokokus non-hemolitikus.

  • Endokrin.

  • Autoimun.

  • Metabolic.

  • Faktor genetik serta faktor pemicu lingkungan.

Pada saat ini, rematoid atritis diduga disebabkan oleh autoimun dan infeksi. Autoimun ini bereaksi terhadap kolagen tipe II, faktor infeksi mungkin disebabkan oleh virus dan organisme mikroplasma atau group deptiroid yang menghasilkan antigen kolagen tipe II dari tulang rawan sendi penderita.

Penanganan medis pasien dengan reumatoid artritis pada lansia  bergantung pada tahap penyakit ketika diagnosis dibuat dan termasuk dalam kelompok mana yang sesuai dengan kondisi tersebut.

Dengan demikian diharapkan melalui asuhan keperawatan yang intensif, terarah dan berkesinambungan, komplikasi yang terjadi sebagai akibat dari Reumatoid Atritis dapat dicegah dan diobati secepat mungkin sehingga pada akhirnya dapat sembuh dengan sempurna walaupun harus berobat untuk jangka waktu yang lama.

Untuk Pembahasan yang lebih komprehensif mengenai konsep asuhan keperawatan rheumatoid Arthritis pada lansia, makalah bisa diunduh melalui tombol download dibawah.

 

 



Marthilda Suprayitna, Ners., M.Kep
Marthilda Suprayitna, Ners., M.Kep Praktisi dan Dosen Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Mataram