bR7izkJOiKy1QUHnlV5rpCDjiDlVyiP6q1XpDxAH
Bookmark

Askep Ablasio Retina atau Retinal Detachment

Ablasio retina atau Retinal detachment adalah terlepasnya lapisan retina sensorik sehingga terpisah dari epitelium pigmen retinal dan menciptakan ruang supretinal. Kemudian ruang ini terisi cairan, yang disebut cairan subretinal. Pada tulisan ini, Repro Note akan merangkum mengenai askep Ablasio retina atau retinal detachment mulai dari konsep medik sampai intervensi keperawatan yang bisa dilakukan.

Tujuan:

  • Memahami definisi, epidemiologi, penyebab, serta tanda dan gejala Ablasio retina atau retinal detachment
  • Memahami pemeriksaan, komplikasi, dan penatalaksanaan pasien dengan ablasio retina atau retinal detachment
  • Memahami masalah keperawatan yang sering muncul pada askep ablasio retina atau retinal detachment
  • Melakukan intervensi keperawatan pada askep retinal detachment atau ablasio retina
  • Melakukan edukasi pasien pada askep ablasio retina atau retinal detachment

Askep Ablasio Retina atau Retinal Detachment
Image by Community Eye Health on flickr

Konsep Medik dan Askep Ablasio Retina atau Retinal Detachment

Pendahuluan

Retina adalah lapisan terdalam dari jaringan bagian posterior mata yang  terdiri dari beberapa lapisan seluler. Lapisan terluar berbatasan dengan rongga vitreal dan lapisan terdalam koroid.

Ablasi retina adalah ketika retina neurosensorik kehilangan perlekatan pada epitel pigmen retina (RPE) yang mendasarinya. Bagian luar retina neurosensori adalah tempat fotoreseptor berada sedangkan koroid memasok oksigen dan nutrisi untuk fotoreseptor.

Di dalam fovea tidak terdapat pembuluh darah retina, dan jaringan retina di dalam area ini sepenuhnya bergantung pada koroid untuk kebutuhan oksigennya. Pelepasan makula dapat menyebabkan kerusakan permanen pada fotoreseptor di lokasi ini.

Penglihatan berpotensi dipertahankan jika makula tetap melekat, dan retina disambungkan kembali dengan tepat. Namun, jika makula terlepas, penglihatan mungkin tetap buruk meskipun dilakukan intervensi bedah.

Terdapat tiga kategori ablasio retina yaitu regmatogenous, traksi, dan eksudatif. Ablasio retina regmatogenosa adalah yang paling umum dan disebabkan oleh cairan yang keluar dari rongga vitreus melalui robekan retina atau bagian yang pecah ke dalam ruang potensial antara retina sensorik dan RPE.

Ablasio traksi terjadi ketika membran proliferatif berkontraksi dan mengangkat retina. Komponen etiologi regmatogen dan traksi juga dapat menyebabkan ablasio retina.

Ablasio eksudatif dihasilkan dari akumulasi cairan di bawah retina sensorik yang disebabkan oleh penyakit retina atau koroid.

Ablasio retina atau Retinal Detachment pertama kali dikenali pada awal 1700-an oleh de Saint-Yves, tetapi diagnosis klinis tetap sulit dipahami sampai Helmholtz menemukan oftalmoskop pada tahun 1851.

Tragisnya, ablasio retina pasti mengakibatkan kebutaan sampai tahun 1920-an ketika Jules Gonin, MD, memelopori perbaikan ablasi retina pertama di Lausanne, Swiss.

Saat ini, dengan munculnya scleral buckling dan pars plana vitrectomy ukuran kecil, selain teknik laser dan cryotherapy, diagnosis yang cepat dan pengobatan ablasi retina benar-benar dapat menjadi peluang yang menyelamatkan kemampuan penglihatan pasien.

Epidemiologi

Insiden tahunan ablasio retina atau retinal detachment adalah sekitar satu dari 10.000. Sumber lain menunjukkan bahwa insiden ablasio retina idiopatik yang disesuaikan dengan usia adalah sekitar 12,5 kasus per 100.000 per tahun, atau sekitar 28.000 kasus per tahun di AS.

Kelompok tertentu memiliki prevalensi yang lebih tinggi dari yang lain. Pasien dengan miopia tinggi  yaitu >6 dioptri dan individu dengan afakia yaitu pengangkatan katarak tanpa implan lensa memiliki risiko lebih tinggi. Ekstraksi katarak yang diperumit oleh hilangnya vitreous selama operasi dapat meningkatkan tingkat pelepasan hingga 10%.

Di seluruh dunia, Faktor etiologi paling umum yang terkait dengan ablasi retina adalah miopia atau rabun jauh, aphakia, pseudophakia  atau pengangkatan katarak dengan implan lensa, dan trauma.

Sekitar 40-50% dari semua pasien dengan ablasio memiliki miopia, 30-40% telah menjalani pengangkatan katarak, dan 10-20% mengalami trauma mata langsung.

Ablasio traumatis lebih sering terjadi pada orang muda, dan ablasi miopia paling sering terjadi pada orang berusia 25-45 tahun.

Meskipun tidak ada penelitian yang tersedia untuk memperkirakan kejadian ablasi retina yang berhubungan dengan olahraga kontak fisik, olahraga tertentu misalnya tinju memiliki peningkatan risiko ablasi retina.

Perkiraan mengungkapkan bahwa 15% orang dengan ablasi retina di satu mata mengembangkan ablasi di mata lainnya. Risiko pelepasan bilateral meningkat 25-30% pada pasien yang telah menjalani ekstraksi katarak bilateral.

Seiring bertambahnya usia populasi, ablasio retina (Retinal Detachment) menjadi insiden yang lebih umum terjadi. Ablasio retina biasanya terjadi pada orang berusia 40-70 tahun,  namun cedera paintball pada anak-anak dan remaja menjadi penyebab cedera mata yang semakin umum, termasuk ablasi retina traumatis.

Etiologi

Faktor risiko pecahnya atau robeknya retina neurosensorik yang dapat menyebabkan ablasio retina regmatogenosa antara lain:

  • Degenerasi Lattice
  • Ekskavasi retina perifer
  • Lipatan meridional
  • Miopia patologis
  • Operasi intraokular sebelumnya
  • Trauma
  • Ablasi retina sebelumnya di mata yang lain
  • Riwayat keluarga dengan ablasio retina

Faktor risiko pembentukan membran proliferatif yang menyebabkan ablasio retina traksi antara lain:

  • Retinopati diabetik proliferatif
  • Vitreoretinopati proliferatif
  • Hemoglobinopati sabit
  • Trauma
  • Oklusi vena retina
  • Retinopati prematuritas

Faktor risiko atau penyebab cairan memasuki ruang subretina dan dengan demikian menyebabkan ablasi retina eksudatif atau serosa antara lain:

  • Tumor mata primer
  • Metastasis okular
  • Sarkoidosis
  • Sipilis
  • Toksoplasmosis
  • Oftalmia simpatik
  • Korioretinopati serosa sentral
  • Vaskulopati koroid polipoidal
  • Terapi kortikosteroid
  • Sindrom Vogt-Koyanagi-Harada
  • Pre eklampsia dan eklampsia
  • Transplantasi organ
  • Lubang saraf optik
  • Nekrosis retina akut
  • Coat Disease

Patofisiologi

Ablasi retina mengacu pada pemisahan lapisan dalam retina dari epitel pigmen retina yang mendasarinya yaitu RPE koroid. Koroid adalah membran vaskular yang mengandung sel-sel pigmen bercabang besar yang diapit di antara retina dan sklera. Pemisahan retina sensorik dari RPE yang mendasari terjadi melalui 3 mekanisme dasar berikut:

  • Sebuah lubang, robekan, atau kerusakan pada lapisan saraf yang memungkinkan cairan dari rongga vitreus meresap di antara dan memisahkan lapisan sensorik dan RPE, yaitu ablasi retina rhegmatogenous.
  • Traksi dari membran fibrosa inflamasi atau vaskular pada permukaan retina, yang melekat pada vitreous
  • Eksudasi material ke dalam ruang subretina dari pembuluh darah retina seperti pada hipertensi, oklusi vena retina sentral, vaskulitis, atau papiledema

Ablasi retina mungkin berhubungan dengan malformasi kongenital, gangguan metabolisme, trauma termasuk operasi mata sebelumnya, penyakit vaskular, tumor koroid, miopia tinggi atau penyakit vitreous, atau degenerasi.

Dari 3 jenis ablasio retina, Ablasio retina regmatogenosa adalah yang paling umum terjadi. Cairan vitreous memasuki celah dan memisahkan retina sensorik dari RPE yang mendasarinya, mengakibatkan pelepasan.

Pelepasan eksudatif atau serosa terjadi ketika cairan subretina terakumulasi dan menyebabkan pelepasan tanpa ada kerusakan yang sesuai di retina. Faktor etiologinya seringkali adalah pertumbuhan tumor atau peradangan. Jenis ablasi retina ini biasanya tidak memerlukan intervensi bedah, koreksi gangguan yang mendasari biasanya mengarah pada resolusi ablasi ini.

Ablasio retina traksi terjadi sebagai akibat dari perlengketan antara gel vitreus atau proliferasi fibrovaskular dan retina. Kekuatan mekanik menyebabkan pemisahan retina dari RPE tanpa kerusakan retina. Adhesi lanjutan dapat menyebabkan robekan atau patah. Penyebab paling umum dari ablasi retina traksi adalah retinopati diabetik proliferatif, penyakit sel sabit, retinopati prematuritas lanjut, dan trauma tembus.

Tanda dan gejala

Gejala awal ablasio retina antara lain sensasi cahaya yang berkedip (photopsia) yang berhubungan dengan traksi retina dan sering disertai dengan shower floaters dan kehilangan penglihatan.

Seiring waktu, pasien ablasio retina mungkin merasakan gejala bayangan di bidang visual perifer, yang jika diabaikan dapat menyebar ke seluruh bidang visual dalam hitungan hari. Kehilangan penglihatan dapat digambarkan seperti berawan, tidak teratur, atau seperti tirai.

Jaringan retina dirangsang oleh cahaya tetapi juga berespon terhadap gangguan mekanis. Gejala seperti melihat lampu berkedip biasanya disebabkan oleh pemisahan vitreous posterior. Saat gel vitreous terpisah dari retina, ia merangsang jaringan retina secara mekanis menghasilkan pelepasan fosfen dan sensasi cahaya.

Jika ablasi retina melibatkan makula, ketajaman pengelihatan dapat sangat berkurang. Lokasi sensasi cahaya di bidang visual pasien tidak memiliki korelasi dengan lokasi robekan retina.

Floaters adalah gejala visual yang sangat umum pada pasien retinal detachment. Oleh karena itu, untuk membedakan etiologi mereka membutuhkan riwayat yang terperinci.

Onset tiba-tiba floaters besar di tengah sumbu visual dapat menunjukkan detasemen vitreous posterior (PVD). Pasien mengamati floater melingkar ketika vitreous terlepas dari cincin melingkar yang mengelilingi saraf optik (disebut sebagai cincin Weiss).

Yang lebih menakutkan dan mengkhawatirkan adalah gambaran ratusan bintik hitam kecil yang muncul di depan mata, karena ini mungkin mengindikasikan perdarahan vitreous, akibat gangguan pembuluh darah retina yang disebabkan oleh robekan retina atau traksi mekanis dari adhesi vitreoretinal.

Beberapa jam setelah munculnya pancuran awal bintik hitam, pasien dapat melihat seperti  sarang laba-laba yang dihasilkan dari darah yang membentuk gumpalan tidak teratur. Umumnya, timbulnya floaters baru yang terkait dengan keluhan seperti lampu berkedip sangat sugestif dari robekan retina.

Sementara gejala fotopsia dan floaters tidak membantu dalam menemukan posisi robekan atau ablasi retina, defek lapang pandang dapat membantu dalam menemukan ablasi.

Ablasio bulosa akan  menghasilkan cacat bidang visual yang padat (tampak kegelapan), dan ablasi datar menghasilkan cacat bidang relatif (abu-abu).

Pada pemeriksaan fisik, dilatasi pupil tetap dapat menunjukkan trauma sebelumnya. Pupil Marcus-Gunn yang positif dapat terjadi dengan gangguan jalur pupillomotor aferen, termasuk ablasi retina.

Pada pengukuran tekanan intraokular pada kedua mata (hipotensi relatif >4-5 mm Hg kurang dari mata sebelah sering terjadi).

Tanda-tanda pigmen atau tanda Shafer menunjukkan adanya robekan retina pada 70% kasus tanpa penyakit mata atau pembedahan sebelumnya.

Pada pemeriksaanFunduskopi langsung dapat terdeteksi perdarahan vitreus dan pelepasan besar kutub posterior. Ablasio dapat terlihat sebagai elevasi retina yang tampak abu-abu dengan pembuluh darah gelap yang mungkin terletak di lipatan. Retina yang terlepas mungkin bergelombang dan tampak tidak fokus.

Pada ablasio yang dangkal jauh lebih sulit dideteksi, dengan demikian membandingkan area yang dicurigai dengan kuadran normal yang berdekatan sangat membantu untuk mendeteksi setiap perubahan dalam transparansi retina. Garis berpigmen atau tidak berpigmen dapat membatasi batas detasemen.

Pemeriksaan Diagnostik

Setiap pasien dengan dugaan ablasio retina harus menjalani pemeriksaan funduskopi dilatasi oleh dokter mata. Modalitas lain untuk membantu dalam diagnosis ablasi retina  antara lain ultrasound, CT scan, dan MRI.

Jika tersedia, optical coherence tomography (OCT) dapat menjadi cara yang efektif untuk menilai ketiga jenis ablasi retina dan membedakan ablasi dari patologi retina lainnya.

Jika seorang pasien memiliki ablasio retina yang kemungkinan besar bersifat regmatogenosa, aturan Linkoff, harus diikuti untuk menemukan robekan retina.

Penatalaksanaan

Penatalaksanaan ablasio retina regmatogenosa dan traksi biasanya dilakukan dengan pembedahan. ablasio makula eksudatif biasanya memiliki manajemen nonsurgical.

Jika pasien mengalami ablasio retina regmatogenosa, ahli bedah harus mengidentifikasi dan menutup semua robekan retina. Tiga teknik utama dapat digunakan untuk melakukan penutupan yaitu vitrektomi pars plana, gesper sklera, atau retinopeksi pneumatik.

Faktor-faktor yang berperan dalam keputusan teknik mana yang akan digunakan antara lain presentasi pasien, pelatihan ahli bedah, dan biaya. Terdapat berbagai pendapat tentang prosedur mana yang paling efektif, meskipun ada situasi di mana prosedur tertentu mungkin lebih menguntungkan untuk digunakan daripada yang lain.

Vitrektomi adalah pengangkatan gel vitreous secara mekanis dengan mesin vitrektomi. Dokter spesialis mata biasanya menempatkan tiga port melalui bagian pars plana mata. Satu port untuk penerangan, satu port untuk pemotong, dan satu port untuk kanula infus. Ahli bedah kemudian dapat menghilangkan traksi vitreous pada retina dan menggunakan cryotherapy atau laser di sekitar robekan atau robekan retina untuk mencegah memburuknya ablasi.

Pada retinopeksi pneumatik, gelembung gas intraokular disuntikkan ke mata untuk memungkinkan cairan subretina menyerap kembali dan adhesi korioretinal terbentuk di sekitar robekan atau robekan penyebab.

Beberapa gas intraokular berguna untuk tamponade, yang paling umum adalah SF6, atau C3F8. Setelah gas terpasang dan aposisi retina terjadi, ahli bedah akan melakukan retinopeksi transkonjungtiva.

Setelah prosedur, pasien mungkin perlu memposisikan wajah mereka ke bawah sehingga gelembung gas dapat menahan robekan retina. Biasanya, retinopeksi pneumatik hanya digunakan pada ablasio retina dengan satu patahan dengan patahan terlokalisasi.

Dalam pelepasan traksi, elemen traksi seperti membran epiretinal atau subretinal harus dihilangkan, yang biasanya dilakukan dengan vitrektomi pars plana, tetapi dapat dikombinasikan dengan scleral buckling sebagai tambahan.

Untuk ablasi serosa digunakan manajemen nonsurgical. Penyakit atau massa retina atau koroid yang mendasari harus diidentifikasi dan diobati.

Asuhan Keperawatan

Intervensi Keperawatan

  • Beri dukungan emosional, karena pasien bisa merasa kecemasan dan putus asa akibat kehilangan penglihatan.
  • Basuh wajah pasien dengan sampo bayi untuk menyiapkannya menjalani pembedahan. Beri antibiotik dan tetes mata sikloplegis-midriatik.
  • Setelah pembedahan, minta pasien berbaring dalam posisi (bisa berupa posisi tiarap) yang mempermudah tamponade gas atau minyak dalam retina. Larang pasien mengejan saat defekasi, membungkuk ke bawah, dan batuk keras, bersin, atau muntah, karena bisa meningkatkan tekanan intraokular. Bila perlu, beri antiemetik sesuai resep. Larang pasien melakukan aktivitas yang meningkatkan risiko tabrakan mata.
  • Bersihkan mata dengan lembut, menggunakan tetes mata sikloplegis dan tetes mata steroid-antibiotik setelah melepas pelindung mata.
  • Gunakan kompres dingin untuk meringankan pembengkakan (edema postoperatif) dan nyeri.
  • Beri analgesik, misalnya asetaminofen (tylenol), seperlunya, jika nyeri tetap ada.
  • Ajari pasien cara instilasi tetes mata dengan benar, dan tekankan perlunya menyelesaikan perawatan dan menjalani perawatan lanjutan.
  • Minta pasien mengenakan kaca mata gelap untuk mengimbangi sensitivitasnya terhadap ,cahaya.


Referensi:

  • Blair K, Czyz CN. 2022. Retinal Detachment. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK551502/
  • Hemang K Pandya MD. 2021. Retinal Detachment. Med Scape Emedicine. https://emedicine.medscape.com/article/798501-overview
  • Steel D. (2014). Retinal detachment. BMJ clinical evidence, 2014, 0710. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3940167/
  • Nursing. Seri Untuk Keunggulan Klinis (2011). Menafsirkan Tanda dan Gejala Penyakit. Jakarta: PT Indeks