Widget HTML #1

Askep Pada Cedera Tulang Belakang

Cedera tulang belakang  adalah kondisi medis serius yang sering mengakibatkan morbiditas parah dan cacat permanen. Cedera tulang belakang terjadi ketika akson saraf yang berjalan melalui sumsum tulang belakang terganggu, menyebabkan hilangnya fungsi motorik dan sensorik di bawah lokasi cedera. Pada tulisan ini, Repro Note akan merangkum mengenai askep cedera tulang belakang mulai dari konsep medik sampai intervensi keperawatan yang bisa diterapkan.

Tujuan

  • Memahami definisi, epidemiologi, penyebab, patofisiologi, dan manifestasi klinis cedera tulang belakang
  • Memahami pemeriksaan, komplikasi, dan penatalaksanaan pasien dengan cedera tulang belakang
  • Mengidentifikasi diagnosa dan masalah keperawatan yang sering muncul pada askep cedera tulang belakang
  • Melaksanakan intervensi keperawatan pada askep cedera tulang belakang
  • Melakukan evaluasi dan edukasi pasien pada askep cedera tulang belakang


Askep Pada Cedera Tulang Belakang
Image by Fpjacquot on wikimedia.org

Konsep Medik dan Askep Cedera Tulang Belakang

Pendahuluan

Cedera tulang belakang  adalah gangguan pada tulang belakang yang mengakibatkan perubahan baik sementara atau permanen, pada fungsi motorik, sensorik, atau otonom. Pasien dengan cedera tulang belakang bisa mengalami defisit dan disabilitas neurologis yang permanen dan seringkali menimbulkan kecacatan.

Selama zaman kuno, trauma tulang belakang dan kelumpuhan tidak dapat diobati atau fatal dan dianggap sebagai 'Penyakit yang tidak perlu diobati'. Bahkan pada tahun 1805, Laksamana Nelson menyadari keparahan cedera tulang belakang dan kematiannya yang akan segera setelahdia lumpuh selama Pertempuran Trafalgar.

Tokoh terkenal lainnya yang menderita cedera tulang belakang antara lain Presiden James A. Garfield, Jenderal George Patton dan Christopher  Reeve.

Untungnya, kemajuan besar selama 50 hingga 60 tahun terakhir di bidang medis, bedah, dan rehabilitasi memungkinkan pasien cedera tulang belakang untuk menjalani kehidupan yang panjang dan produktif.

Lebih dari 90% kasus cedera tulang belakang disebabkan oleh insiden traumatis seperti kecelakaan lalu lintas, kekerasan, olahraga atau jatuh. Hasil klinis cedera tulang belakang  tergantung pada tingkat keparahan dan lokasi lesi serta dapat mencakup hilangnya sebagian atau seluruh fungsi sensorik atau motorik di bawah area terjadinya cedera.

Epidemiologi

Insiden cedera tulang belakang di Amerika Serikat adalah sekitar 40 kasus per juta penduduk  per tahun berdasarkan data dalam database Cedera Tulang Belakang Nasional. Perkiraan dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa jumlah orang di Amerika Serikat yang hidup pada tahun 2010 dengan cedera tulang belakang adalah sekitar  232.000-316.000.

Terkait ras, sebuah tren yang signifikan dari waktu ke waktu telah diamati dalam distribusi ras terkait dengan cedera tulang belakang sejak 2005, yaitu 66,5% berkulit putih, 26,8% berkulit hitam, 8,3% Hispanik, dan 2,0% adalah Asia.

Berdasarkan jenis kelamin, laki-laki beresiko  4 kali lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk memiliki cedera tulang belakang. Secara keseluruhan, laki-laki menyumbang 80,7% dari cedera yang dilaporkan dalam database nasional.

Insiden keseluruhan cedera tulang belakang  pediatrik adalah 1,99 kasus per 100.000 anak AS. Seperti yang diperkirakan dari data di atas, 1455 anak dirawat di rumah sakit AS setiap tahun untuk perawatan cedera tulang belakang.

Secara global, insiden cedera tulang belakang antara 250.000 dan 500.000 pasien setiap tahun. Sebagian besar kasus ini disebabkan oleh insiden yang sebenarnya dapat dicegah seperti kekerasan dan kecelakaan kendaraan bermotor. Laki-laki mewakili mayoritas pasien dengan cedera tulang belakang terkait dengan olahraga. Kelompok usia dengan risiko tertinggi adalah dari usia 16 hingga 30 tahun.

Etiologi

Penyebab paling umum cedera tulang belakang adalah:

  • Kecelakaan kendaraan bermotor
  • Jatuh, paling sering terjadi pada mereka yang berusia 45 tahun atau lebih. Wanita lansia dengan osteoporosis memiliki kecenderungan untuk patah tulang belakang akibat jatuh
  • Kekerasan interpersonal, terutama luka tembaktermasuk  pasien yang mengalami penyerangan. Cedera tulang belakang akibat cedera tembus cenderung lebih buruk daripada cedera tumpul
  • Olahraga

Penyebab lain terjadinya cedera tulang belakang adalah:

  • Gangguan pembuluh darah
  • Tumor
  • Penyakit Infeksi
  • Spondilosis
  • Cedera iatrogenik, terutama setelah injeksi tulang belakang dan penempatan kateter epidural
  • Gangguan perkembangan

Patofisiologi

Cedera tulang belakang paling sering disebabkan oleh trauma langsung ke medula spinalis atau dari kompresi akibat fraktur vertebra atau massa seperti hematoma atau abses epidural.

Pada kondisi yang lebih jarang, sumsum tulang belakang dapat menjadi terluka karena kompromi aliran darah, proses inflamasi, gangguan metabolisme, atau paparan racun.

Cedera Primer

Mekanisme cedera primer yang paling umum adalah benturan langsung dan kompresi persisten biasanya terjadi oleh fragmen tulang melalui cedera fraktur atau dislokasi.

Cedera hiperekstensi biasanya lebih jarang terjadi dimana hanya terjadi benturan saja ditambah kompresi sementara. Cedera distraksi, peregangan dan robekan medula spinalis pada bidang aksial terjadi akibat gaya tarikan dua vertebra yang berdekatan.

Cedera laserasi atau transeksi timbul melalui fragmen tulang yang tajam, dislokasi parah, dan cedera akibat peluru.

Cedera Sekunder

Cedera sekunder adalah serangkaian fenomena biologis yang dimulai beberapa saat dan berlanjut dalam jangka waktu yang lebih lama setelah cedera primer awal.

Fase akut cedera sekunder dimulai setelah cedera awal dan menyebabkan kerusakan pembuluh darah, ketidakseimbangan ion, pembentukan radikal bebas, respons inflamasi awal, dan akumulasi neurotransmitter.

Fase subakut selanjutnya meliputi demielinasi akson yang masih hidup, degenerasi Wallerian, remodeling matriks, dan pembentukan bekas luka.

Tanda dan gejala

Pasien biasany datang setelah peristiwa traumatis yang signifikan seperti kecelakaan kendaraan bermotor, jatuh dari ketinggian, atau luka tembak. Tanda-tanda  vital biasanya abnormal, cedera servikal yang tinggi dapat menyebabkan hipotensi dan bradikardia karena hilangnya tonus simpatis.

Pemeriksaan fisik akan mengungkapkan kelemahan dan defisit sensorik yang berhubungan dengan pola cedera, dan bagian tulang belakang  yang terkena.

Transeksi Lengkap Sumsum Tulang Belakang

  • Cedera ini biasanya menunjukkan kehilangan fungsi motorik bilateral lengkap seperti  sensasi nyeri, sensasi suhu, proprioception, sensasi getaran, dan sensasi taktil di bawah area cedera.
  • Cedera lumbosakral akan menyebabkan kelumpuhan dan hilangnya sensasi pada ekstremitas bawah. Cedera ini juga dapat mengakibatkan hilangnya kontrol usus dan hilangnya kontrol kandung kemih.
  • Cedera toraks menyebabkan defisit yang sama seperti cedera lumbosakral dan sebagai tambahan, dapat mengakibatkan hilangnya fungsi otot-otot tubuh, yang menyebabkan kesulitan mempertahankan postur.
  • Cedera servikal akan menyebabkan defisit yang sama seperti cedera toraks dan juga, dapat mengakibatkan hilangnya fungsi ekstremitas atas yang mengarah ke tetraplegia. Cedera di atas C5 juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan karena hilangnya persarafan diafragma.

Central Cord Syndrome

  • Cedera disebabkan oleh hiperekstensi leher yang menyebabkan kompresi medula spinalis servikal, menyebabkan kerusakan terutama pada pusat medula spinalis.
  • Pola cedera ini menyebabkan kelemahan yang mempengaruhi ekstremitas atas lebih dari ekstremitas bawah. Pola ini terjadi karena traktus kortikospinalis tersusun dengan akson-akson yang mempersarafi ekstremitas atas terletak lebih dekat ke pusat medula spinalis, sedangkan akson yang mempersarafi ekstremitas bawah lebih dekat ke perifer.
  • Bisa menimbulkan hilangnya sensasi nyeri dan suhu di bawah area cedera.

Anterior Cord Syndrome

  • Cedera bilateral pada traktus spinotalamikus menyebabkan hilangnya sensasi nyeri dan suhu bilateral di bawah area tulang yang mengalami cedera.
  • Cedera bilateral pada traktus kortikospinalis menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan di bawah area yang dipersyarafi tulang yang cedera.
  • Karena kolumna dorsalis tidak terpengaruh, sensasi taktil, propriosepsi, dan sensasi getaran tetap utuh.

Posterior Cord Syndrome

  • Pola cedera ini jarang terjadi karena trauma, Lebih sering, cedera disebabkan oleh penyebab infeksi, toksik, atau metabolik.
  • Kerusakan pada kolumna dorsalis menyebabkan hilangnya sensasi taktil, proprioseptif, dan sensasi vibrasi.
  • Karena traktus spinotalamikus dan kortikospinalis tidak terpengaruh, masih ada sensasi nyeri, sensasi suhu, dan fungsi motorik.

Sindrom Brown-Sequard

  • Cedera disebabkan oleh hemiseksi sisi kanan atau kiri dari sumsum tulang belakang.
  • Transeksi traktus nervus kortikospinalis dan kolumna dorsalis menyebabkan hilangnya fungsi motorik, sensasi taktil, proprioseptif, dan sensasi vibrasi di bawah tingkat cedera secara ipsilateral.
  • Transeksi traktus spinotalamikus menyebabkan hilangnya sensasi nyeri dan suhu kontralateral di bawah tingkat cedera.

Sindrom konus medularis

  • Hal ini disebabkan oleh cedera pada aspek terminal dari sumsum tulang belakang, hanya proksimal dari cauda equina.
  • Secara khas muncul dengan hilangnya fungsi akar saraf sakral. Hilangnya refleks tendon Achilles, disfungsi usus dan kandung kemih.

Syok Neurogenik

  • Syok neurogenik bisa diakibatkan cedera servikal yang mempengaruhi ganglia servikal, yang menyebabkan hilangnya impuls simpatik.
  • Hilangnya tonus simpatis menyebabkan keadaan syok yang ditandai dengan hipotensi dan bradikardia.

Pemeriksaan Diagnostik

Karena cedera tulang belakang paling sering terjadi dalam konteks trauma yang signifikan, pemeriksaan fisik yang komprehensif dan penilaian klinis sangat penting. Pengenalan pola cedera di atas dapat membantu melokalisasi lokasi dan jenis cedera yang diderita. Pemeriksaan klinis dengan pemeriksaan saraf motorik dan sensorik yang detail dan akurat sangat penting untuk klasifikasi.

Cedera tulang belakan dinilai menggunakan Skala Penurunan American Spinal Injury Association (ASIA). Sistem penilaian bervariasi berdasarkan tingkat keparahan cedera dari huruf A sampai E.

  • ASIA A: Cedera total dengan hilangnya fungsi motorik dan sensorik.
  • ASIA B: Cedera tidak lengkap dengan fungsi sensorik yang dipertahankan, tetapi hilangnya fungsi motorik sepenuhnya.
  • ASIA C: Cedera tidak lengkap dengan fungsi motorik yang dipertahankan di bawah tingkat cedera, kurang dari setengah otot-otot ini memiliki kekuatan tingkat 3 MRC (Medical Research Council).
  • ASIA D: Cedera tidak lengkap dengan fungsi motorik yang dipertahankan di bawah tingkat cedera, setidaknya setengah dari otot-otot ini memiliki kekuatan tingkat 3 MRC (Medical Research Council).
  • ASIA E: Pemeriksaan motorik dan sensorik normal.

Pencitraan sangat penting untuk mengidentifikasi cedera secara akurat. Sinar-X, CT  atau CAT Scan tulang belakang merupakan tindakan diagnostik yang paling penting dan menunjukkan lokasi fraktur.

Magnetic resonance imaging (MRI) diperlukan untuk menilai secara akurat tingkat cedera pada sumsum tulang belakang. Temuan awal cedera tulang belakang yang terlihat pada MRI termasuk kompresi sumsum tulang belakang, kontusi sumsum tulang belakang, edema sumsum tulang belakang, transeksi sumsum tulang belakang, perdarahan sumsum tulang belakang, dan penonjolan ligamen flavum.

Pungsi lumbar bisa menunjukkan kenaikan tekanan cairan cerebrospinal akibat lesi atau trauma pada kompresi tulang belakang.

Penatalaksanaan

  • Penanganan utama bagi cedera tulang belakang adalah segera melakukan imobilisasi untuk menstabilkan tulang belakang dan mencegah kerusakan jaringan saraf tulang belakang; penanganan lain adalah penanganan suportif. Cedera servikal membutuhkan imobilisasi, menggunakan kantung pasir di kedua sisi kepala pasien, penyangga leher yang kuat, atau traksi skeletal dengan jepitan tengkorak atau alat halo.
  • Jika pasien menunjukkan tanda cedera jaringan saraf tulang belakang, beri ia methylprednisone (Solu-Medrol) dosis tinggi.
  • Penanganan fraktur lumbar dan dorsal yang stabil terdiri dari beristirahat di ranjang yang memiliki penopang keras (misalnya papan ranjang), analgeslk, dan relaksan otot sampai fraktur stabil (biasanya 10 sampai 12 minggu). Penanganan selanjutnya meliputi latihan untuk memperkuat otot punggung dan penyangga punggung atau korset untuk memberikan topangan saat berjalan.
  • Fraktur lumbar dan dorsal yang tidak stabil membutuhkan gips plester, kerangka berbalik, dan, di kasus parah, laminektomi dan fusi tulang belakang.
  • Jika kerusakan menyebabkan kompresi kolom tulang belakang, bedah saraf bisa meringankan tekanan.
  • Jika kompresi disebabkan oleh lesi neoplastik, kemoterapi dan radiasi bisa meringankannya.
  • Luka permukaan yang menyertai cedera tulang belakang membutuhkan profilaksis tetanus kecuali jika pasien telah menerima imunisasi terbaru.

Asuhan Keperawatan

Intervensi Keperawatan

  • Di semua cedera tulang belakang, curigai adanya kerusakan jaringan saraf tulang belakang sampai terbukti bahwa kecurigaan ini keliru
  • Selama pengkajian awal dan sinar-X, lakukan imobilisasi pasien di alas permukaan keras, dengan kantung-pasir di kedua sisi kepalanya. Minta ia tidak bergerak; jangan gerakkan ia, karena hiperfleksi bisa merusak jaringan saraf.
  • Jika Anda harus menggerakkan pasien, minta setidaknya satu anggota staf lain untuk membantu Anda melakukan logroll pasien agar kesejajaran tubuhnya tidak terganggu.
  • Sepanjang pasien menjalani penanganan, beri ia kenyamanan dan keyakinan. lngat, ketakutan pasien terhadap paralisis yang bisa menimpanya akan terus meliputi pikirannya„ Izinkan anggota keluarga yang tidak terlalu putus asa untuk menemani pasien dan berbicara padanya dengan tenang.
  • Jika cedera membutuhkan pembedahan beri antibiotik profilaktik lakukan kateterisasi pasien untuk menghindari retensi urin, dan pantau pola defekasi untuk menghindari impaksi.
  • Jelaskan metode traksi pada pasien dan keluarganya, dan yakinkan mereka bahwa alat traksi tidak menembus otak. Jika pasien menggunakan alat halo dan alat traksi jepitan tengkorak, bersihkan tempat cocokan setiap hari, jaga agar rambutnya terpangkas pendek, dan beri analgesik untuk meredakan sakit kepala persisten.
  • Selama traksi, seringkali balikkan badan pasien untuk mencegah pneumonia, embolisme, dan kerusakan kulit; lakukan latihan jangkauan-pergerakan pasif untuk menjaga tonus usus. Jika ada, gunakan ranjang rotasional otomatis untuk mempermudah proses pembalikan badan, dan untuk mendukung kecukupan ekspansi paru-paru.
  • Balikkan badan pasien di sisinya saat memberinya makan untuk mencegah aspirasi. Ciptakan atmosfer yang tenang saat ia makan.
  • Anjurkan aktivitas hiburan untuk mengisi jam-jam imobilisasi pasien Anda.
  • Secara saksama, lihat adakah perubahan neurologis. Perubahan pada sensasi kulit dan hilangnya kekuatan otot bisa menunjukkan tekanan di jaringan saraf tulang belakang, yang kemungkinan disebabkan oleh edema atau pergeseran fragmen tulang.
  • Jika kerusakan muncul di jaringan saraf tulang belakang, libatkan spesialis rehabilitasi sesegera mungkin untuk membantu menyusun perawatan pribadi yang terperinci.
  • Sebelum pasien pulang, minta ia tetap meminum analgesik atau medikasi lain, dan tekankan pentingnya pemeriksaan lanjutan yang teratur.
  • Untuk membantu mencegah cedera tulang belakang agar tidak menjadi cedera jaringan saraf tulang belakang, beri pengetahuan pada pemadam kebakaran, pegawai kepolisian, paramedis, dan badan publik umum mengenai cara tepat menangani cedera semacam ini.


Referensi:

Alizadeh, A., Dyck, S. M., & Karimi-Abdolrezaee, S. 2019. Traumatic Spinal Cord Injury: An Overview of Pathophysiology, Models and Acute Injury Mechanisms. Frontiers in neurology, 10, 282. https://doi.org/10.3389/fneur.2019.00282

Bennett J, M Das J, Emmady PD. 2021. Spinal Cord Injuries. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK560721/

Lawrence S Chin MD. 2018. Spinal Cord Injuries. Med Scape Emedicine. https://emedicine.medscape.com/article/793582-overview

Malhotra, M., Bhatoe, H. S., & Sudambrekar, S. M. 2010. Spinal Cord Injuries. Medical journal, Armed Forces India, 66(4), 325–328. https://doi.org/10.1016/S0377-1237(10)80009-7

Pamela.C.A.et.al.2008. Nursing: Understanding Disease. Lippincott William & Wilkins : Norristown Road.

Ns.Radliyatul Fahmi, S.Kep
Ns.Radliyatul Fahmi, S.Kep Perawat Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat