Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Teh Herbal Untuk Kebugaran Tubuh


Teh Herbal untuk kebugaran tubuh tentu saja dapat dikonsumsi sehari-hari agar kesehatan tetap terjaga. Hal ini dikarenakan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima, tidak hanya tergantung dari jenis makanan yang dimakan. Namun juga jenis minuman yang dikonsumsi. Konsumsi minuman juga memiliki peran penting untuk menjaga badan tetap prima.

Minuman yang dikonsumsi juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan. Misalnya ketika kita sering mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi tentu saja bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Kita bisa tahan kantuk selama berjam-jam dan jika sudah begitu, jumlah waktu istirahat bisa saja berkurang.

Teh Herbal Untuk Kebugaran Tubuh

Jika jumlah waktu beristirahat yang dimiliki berkurang, maka kita akan lebih rentan terkena penyakit. Saat ini juga banyak toko yang menjual ramuan atau minuman dari rempah tradisional dan alami agar tubuh tetap sehat. Apalagi saat ini di Indonesia sedang terjadi pandemi Covid-19. 

Virus Covid-19 akan mudah menyerang tubuh jika sistem imunitas kita rendah. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan berbagai langkah agar tetap sehat. Tidak hanya mengonsumsi makanan bergizi, namun juga bisa meminum teh herbal yang bisa meningkatkan kebugaran tubuh. Langkah ini penting agar imun tetap kuat. Berikut di antaranya teh herbal alternatif agar tetap bugar dan kuat.

Wedang Uwuh atau Royal Tea

Teh herbal untuk kebugaran tubuh yang bisa dicoba adalah wedang utuh atau royal tea. Dalam bahasa Jawa, wedang uwuh berarti minuman rempah. Hal ini dikarenakan kombinasi teh terdiri dari berbagai rempah berkhasiat untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Sehingga tentu saja cocok dikonsumsi secara rutin agar khasiat rempah bisa didapatkan.

Wedang Uwuh terbuat dari kombinasi rempah tradisional seperti jahe, kayu secang, daun cengkeh, daun salam, serta kapulaga. Kombinasi rempah tersebut mampu menghasilkan rasa khas pedas maupun manis dengan warna merah cantik. Jahe memang memiliki rasa khas pedas sehingga cocok dikonsumsi agar tubuh tetap hangat.

Rempah jahe maupun kayu secang memiliki kandungan antioksidan sehingga sangat baik untuk menangkal zat berbahaya yang masuk dalam tubuh. Jika zat berbahaya dapat dihalau, maka tentu saja meningkatkan kebugaran. Sementara cengkeh mengandung antiseptik dengan peran penting untuk membunuh kuman. 

Anda dapat mengonsumsi wedang uwuh, teh herbal untuk kebugaran tubuh dengan cara sangat mudah. Anda bisa meracik sendiri dari rempah-rempah tradisional maupun membeli teh yang sudah diracik. Jika Anda membeli teh yang sudah diracik tentu saja lebih mudah. Anda hanya perlu menyiapkan air hangat, kemudian memasukkan rempah-rempah tersebut.

Setelah memasukkan rempah wedang uwuh, Anda bisa melihat perubahan warna pada air hangat tersebut. Yakni air hangat akan berubah menjadi warna merah. Hal ini dikarenakan efek warna dari kayu secang. Anda dapat mengonsumsinya pada sore maupun malam hari secara rutin untuk mendapatkan khasiat optimal.

Anda tentu tidak perlu khawatir mengenai efek samping yang ditimbulkan jika mengonsumsi teh tersebut. Wedang uwuh berasal dari rempah alami, sehingga tentu saja aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Harga wedang uwuh juga sangat terjangkau sehingga bisa dijadikan pilihan teh yang sehat.

Teh Daun Kelor Mengandung Berbagai Nutrisi

Teh Herbal untuk kebugaran tubuh yang dapat dicoba adalah daun kelor. Kita bisa menjumpai daun kelor untuk dimasak sebagai sayur. Di era semakin canggih, daun kelor tidak hanya digunakan sebagai sayur pendamping makan, namun juga dapat dimanfaatkan sebagai teh alami. Proses adalah mengeringkan daun kelor, seperti halnya pembuatan teh pada umumnya.

Daun kelor memiliki kandungan senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Yakni mampu mencegah zat berbahaya masuk dalam tubuh. Hal tersebut tentu saja memiliki efek meningkatkan kebugaran. Selain itu, daun kelor juga mengandung vitamin C dengan fungsi penting agar tubuh tetap sehat.

Anda dapat membuat teh tersebut secara mandiri maupun membeli secara instan. Di toko offline maupun online banyak penjual yang menawarkan teh daun kelor dengan harga terjangkau. Bahkan bisa mulai dari Rp 4.000 dengan berat sekitar 45 gram. Tentu saja harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan khasiatnya.

Anda dapat mengonsumsi teh daun kelor secara rutin baik pagi, sore maupun malam hari. Anda dapat menyeduh daun kelor yang kering dengan air hangat. Sebelum menyeduhnya, sebaiknya daun kering disaring terlebih dahulu agar semakin nikmat saat mengonsumsinya. 

Blue Ginger Tea untuk Mereduksi Stres

Salah satu teh herbal untuk kebugaran tubuh yang bisa dijadikan pilihan adalah blue ginger tea. Blue ginger tea terbuat dari komposisi bunga telang dan rempah tradisional seperti jahe, sereh dan pala. Rempah tradisional tersebut sangat baik untuk membuat tubuh tetap bugar. 

Bunga telang yang dikeringkan juga menciptakan warna teh sangat cantik. Yakni teh berwarna biru sehingga sangat cantik. Jahe dan sereh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga berperan penting untuk mencegah masuknya zat berbahaya bagi tubuh. Sereh juga merupakan rempah yang beraroma khas sehingga dapat digunakan untuk mereduksi stres.

Jika tingkat stres dalam pikiran berkurang, tentu saja organ dalam tubuh akan bekerja dengan optimal. Jika begitu, tentu saja kebugaran tubuh akan semakin meningkat. Teh untuk kebugaran tubuh memang sangat baik jika dikonsumsi secara rutin agar khasiatnya dapat dirasakan secara optimal.

Sementara rempah pala mengandung vitamin C yang berperan untuk menguatkan tubuh. Sehingga virus yang berpotensi menyerang juga tidak akan mempan ketika imun tubuh kita kuat. Anda bisa mendapatkan blue ginger tea dengan mudah di toko offline maupun secara online. Tentu saja jika membeli online akan lebih hemat secara waktu dan tenaga.

Teh Rosella Kaya Kandungan Vitamin C

Jenis teh herbal untuk kebugaran tubuh yang populer adalah rosella. Teh tersebut berasal dari bunga rosella yang dikeringkan sehingga kandungan vitamin dalam bunga tersebut juga tetap terjaga. Rosella memang salah satu jenis bunga yang sangat umum digunakan sebagai teh. Hal ini dikarenakan rosella memiliki kandungan vitamin C.

Vitamin C tersebut mampu untuk menjaga badan tetap fit dan memiliki cita rasa yang khas, yakni masam sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsinya baik di pagi, sore maupun malam hari. Anda juga bisa membelinya secara offline maupun online untuk menghemat waktu.

Akhir Kata

Menjaga kebugaran tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu alternatif cara yang dapat dipilih adalah mengonsumsi minuman teh herbal. Seperti rempah tradisional maupun jenis bunga tertentu. Teh herbal tentu saja memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Jenis teh untuk meningkatkan kebugaran  juga mudah didapatkan baik secara offline maupun online.


Muhammad Alwi Andi, S.Kep., MMR
Muhammad Alwi Andi, S.Kep., MMR Praktisi Keperawatan dan Manajemen Rumah Sakit

Posting Komentar untuk "Teh Herbal Untuk Kebugaran Tubuh"