Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Buah Penurun Kolesterol agar Tetap Sehat dan Nyaman Beraktivitas

Kolesterol pada dasarnya adalah lemak baik yang sangat berguna bagi tubuh. Misalnya saja seperti pembentukan sel-sel dalam tubuh. Namun jika jumlahnya berlebihan, tentu saja bisa menimbulkan masalah pada kesehatan. Hal tersebut tentu saja tidak diinginkan dan bisa memicu masalah kesehatan lebih serius.

Ketika seseorang mempunyai kadar kolesterol tinggi, sangat berpotensi tidak menyadarinya. Maka sangat penting melakukan langka untuk pemeriksaan kadar gula darah ke puskesmas, klinik maupun rumah sakit untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh. Cara tersebut penting untuk diambil agar bisa mengambil langkah tepat untuk melakukan langkah perawatan kesehatan selanjutnya.

Misalnya saja Anda mendapatkan hasil bahwa kolesterol dalam tubuh tinggi, maka bisa melakukan upaya untuk perawatan agar kadarnya menurun. Sementara jika tidak ada masalah, maka Anda bisa mengatur pola makan dengan baik agar kolesterol tetap dalam jumlah normal. Berikut di antaranya buah yang mampu membuat kadar gula darah dalam tubuh menurun.

Pisang Memiliki Kandungan Inulin untuk Menurunkan Kolesterol

Pisang adalah buah penurun kolesterol yang banyak dijumpai di pasar tradisional maupun supermarket dengan berbagai macam jenis. Mulai dari pisang raja, pisang hijau, pisang ambon, pisang susu, dan lain-lain. Anda dapat memilih jenis pisang yang disukai, tentunya harga pisang di pasar maupun supermarket juga sangat terjangkau.

Pisang mengandung zat inulin, yakni karbohidrat dalam bentuk serat yang tinggi. Serat tersebut berperan sangat baik untuk melancarkan pencernaan serta mengatur kadar kolesterol agar jumlahnya tetap sesuai dan wajar. Sehingga kadar gula darah kondisinya tidak sampai tinggi. Adanya kandungan luar biasa pada pisang, bisa menjadi pilihan Anda untuk mengonsumsinya sehari-hari.

Pisang merupakan salah satu jenis buah penurun kolesterol yang hidup di iklim tropis, panas maupun lembap serta cenderung berada di dataran rendah. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika buah tersebut banyak dijumpai di negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Bahkan di wilayah Indonesia juga tersebar beragam jenis pisang.

Pisang juga dikenal dapat memproduksi buah hampir di sepanjang tahun bahkan tidak mengenal musim. Sehingga kita bisa mudah menjumpai pisang di pasar maupun supermarket tanpa mengenal musim tertentu. Bahkan hampir di setiap musim kita bisa menjumpai buah tersebut, baik di pasar tradisional maupun supermarket. Sehingga tentu saja Anda tidak akan merasa kesulitan.

Harga pisang juga sangat bervariasi tergantung dengan jenisnya. Harganya juga sangat terjangkau, bisa mulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu. Rasa pisang yang manis tentu saja bisa menjadi pilihan untuk memenuhi asupan gizi seimbang. Apalagi Anda tidak perlu repot untuk mengupasnya, hanya tinggal mengupas kulitnya saja.

Apel Kaya Kandungan Serat Pektin

Jika Anda mengalami masalah dengan koleterol yang jumlahnya meningkat, maka apel bisa menjadi pilihan buah penurun kolesterol. Pisang memiliki kandungan serat pektin sangat kaya. Serat tersebut memiliki peran dalam penurunan jumlah kolesterol jahat. Ketika mengonsumsi serat maka lemak jahat dalam tubuh bisa terserap serta dibuang dengan bentuk kotoran.

Apel juga mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu menangkal zat berbahaya yang masuk dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan apel dengan harga per kilogram dengan harga kurang lebih Rp30.000,00 sekitar 3-4 buah. Anda bisa mencari penjual buah yang menawarkan harga ramah di kantong.

Di pasaran kita juga mengenal apel sebagai buah penurun kolesterol dengan beragam warna, baik hijau, merah maupun merah muda. Apel juga dipercaya ditanam pertama kali di Asia bagian tengah, kemudian berkembang dan dibudidayakan di daerah yang beriklim dingin. Di Indonesia, daerah yang dingin seperti Malang juga dikenal sebagai kota penghasil apel.

Jika Anda berwisata ke daerah Malang, Anda bisa pergi ke kebun apel dan bahkan memetiknya sendiri. Untuk bisa mendapatkan vitamin dan serat dari apel tersebut, kamu bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara. Memang mengonsumsi buah sangat baik jika dimakan langsung, namun Anda tetap harus mencucinya terlebih dahulu.

Anda dapat mengonsumsi apel dengan berbagai cara, mulai dari dibuat jus, sirup, salad dan lain-lain. Namun jika mengonsumsi dalam bentuk jus, yakni prosesnya adalah penghancuran buah, sangat berpotensi serat yang ada di dalam buah akan hancur. Sehingga Anda perlu mempertimbangkan hal tersebut sebelum mengonsumsinya dengan cara tersebut.

Alpukat Kaya Zat yang Bermanfaat untuk Tubuh

Buah penurun kolesterol yang dapat menjadi pilihan yakni pukat. Alpukat kaya akan lemak nabati dengan fungsi penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan lemak nabati tersebut juga bisa menurunkan kadar gula darah yang berlebih. Sehingga jika Anda mengonsumsinya secara rutin, maka tentu saja kolesterol jahat akan semakin berkurang.

Alpukat mempunyai zat kalium sehingga dapat membuat organ vital seperti jantung tetap sehat. Alpukat adalah buah asli dari Amerika Utara seperti Meksiko maupun Amerika Tengah. Namun saat ini dibudidayakan secara luas di berbagai negara di dunia. Buah tersebut juga mudah dijumpai, baik di pasar maupun supermarket.

Anda bisa mengonsumsinya alpukat dengan berbagai cara. Mulai dari mengonsumsinya secara langsung, dibuat jus, salad dan lain-lain. Jika mengonsumsinya dalam bentuk jus, maka Anda perlu memperhatikan bahwa serat buah akan hancur, dan hal ini bisa mempengaruhi kandungan vitamin atau zat yang didapatkan.

Jika mengonsumsinya secara langsung, Anda perlu membuka kulit buah tersebut. Setelah kulit terbuka, Anda bisa mengambil buah dengan tekstur yang sangat lembut tersebut menggunakan sendok. Buah tersebut memiliki cita rasa manis dan gurih sehingga sangat lezat jika dikonsumsi secara langsung.

Jambu Biji Kaya Kandungan Kalium

Buah penurun kolesterol yang patut dicoba adalah jambu biji. Jambu biji sangat mudah dijumpai di pasar maupun supermarket dan harganya juga sangat terjangkau. Jambu biji mengandung zat kalium dengan peran vital membuat kadar kolesterol jahat menurun serta sebaliknya meningkatkan jumlah kolesterol baik.

Jambu biji merupakan jenis buah tropis dan dipercaya berasal dari Brasil. Tidak mengherankan jika buah tersebut banyak dibudidayakan di daerah tropis seperti Indonesia. Anda juga bisa mengonsumsi jambu biji baik dalam berbagai cara. Mulai dari dikonsumsi langsung, dibuat jus maupun salad.

Jika mengonsumsi buah jambu biji secara langsung, Anda perlu mencucinya terlebih dahulu dengan air mengalir dan dilakukan secara benar agar kotoran maupun debu yang menempel di kulit luar buah dapat terbuang. Anda perlu memperhatikan hal tersebut agar setiap makanan yang masuk aman untuk badan.

Akhir Kata

Kita mengenal beragam jenis buah yang mempunyai khasiat penting untuk menjaga kadar kolesterol agar jumlahnya tidak berlebih. Anda dapat memilih jenis buah sesuai selera serta cara mengonsumsi buah sesuai keinginan, baik itu dimakan langsung, dibuat jus maupun salad. Buah penurun kolesterol memang sangat mudah dijumpai di pasar maupun supermarket sehingga Anda tidak perlu khawatir.


Posting Komentar untuk " Buah Penurun Kolesterol agar Tetap Sehat dan Nyaman Beraktivitas"