Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Konsep Teori Skizofrenia, Pengetahuan dan Keluarga

Kehidupan manusia saat ini yang makin susah dan komplek dan makin bertambahnya stressor psikososial karena budaya warga yang kekinian, mengakibatkan manusia tidak bisa menghindar tekanan-tekanan hidup yang mereka alami.

Kondisi ini dapat menyebabkan timbulnya gangguan jiwa dalam tingkat ringan ataupun berat yang memerlukan penanganan di rumah sakit jiwa maupun di rumah sakit umum.

Pertambahan permasalahan  orang dengan gangguan jiwa pada warga yang tinggi sekali yaitu satu dari 4 warga Indonesia menderita masalah keiwaan mulai dari kecemasan, depresi, stress, penyalahgunaan obat, kenakalan remaja sampai skizofrenia. Dalam kondisi ini seorang perawat jiwa harus mengikutkan keluarga pada tiap usaha penyembuhannya.    

Download Konsep Teori Skizofrenia, Pengetahuan dan Keluarga
Photo by NIH Image Gallery on Flickr

Kerap kali Pasien yang telah dipulangkan ke keluarganya beberapa waktu selanjutnya kumat kembali dengan permasalahan yang serupa atau bahkan juga lebih berat, cukup banyak keluarga yang menolak kedatangan pasien kembali dengan keluarga.

Salah satu jenis gangguan jiwa yang merupakan permasalahan kesehatan dunia adalah skizofrenia. Skizofrenia adalah reaksi psikopatik yang mempengaruhi berbagai area fungsi individu, termasuk berfikir dan berkomunikasi, menerima dan menginterpretasikan realitas merasakan dan menunjukkan emosi dan berperilaku dengan sikap yang dapat diterima secara sosial.

Terjangkitnya skizofrenia mempunyai kaitan erat dengan situasi kacau dalam masyarakat dan taraf ekonomi yang rendah. Kemiskinan membuat perhatian masyarakat terhadap kesehatan sangat minim sekali apalagi perhatian masyarakat terhadap penderita skizofrenia.

Ketidaktahuan masyarakat tentang skizofrenia membuat masyarakat menganggap bahwa skizofrenia tidak perlu diobati dan pada akhirnya klien dibawa ke rumah sakit dengan kondisi yang sudah cukup parah.

Berbagai upaya preventif pemerintah untuk mengusahakan kesembuhan bagi klien skizofrenia antara lain: Menyebarkan informasi, meningkatkan taraf pendidikan masyarakat, meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Karena faktor-faktor tersebut menjadi hambatan bagi keluarga dalam perawatan klien skizofrenia

Peran serta keluarga Umumnya hanya pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari pasien yang tidak bisa dilakukan sendiri. Sedangkan untuk kebutuhan yang bersifat perawatan dan pengobatan diserahkan sepenuhnya kepada tenaga kesehatan.

Kurangnya pengetahuan keluarga maupun masyarakat tentang jenis gangguan ini, diantaranya adalah masih adanya pandangan  negatif. Padahal keluarga merupakan orang terdekat pasien  dan seharusnya menjadi perawat utama apalagi setelah pasien di pulangkan, dan akan mengurangi angka kekambuhan.

Lebih lengkap mengenai Konsep teori Skizofrenia, pengetahuan, dan Peran keluarga bisa di unduh melalui tombol download dibawah.



Posting Komentar untuk "Download Konsep Teori Skizofrenia, Pengetahuan dan Keluarga"