Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Meningkatkan Hormon Kebahagiaan dengan Mudah dan Alami

Terdapat jutaan atau bahkan miliaran reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh manusia  pada saat tertentu. Reaksi-reaksi kimia  ini membentuk sistem dinamis yang mengontrol suasana hati, persepsi, tingkah laku dan berbagai sistem lainnya dalam tubuh manusia.

Salah satu zat kimia yang ikut berperan dalam reaksi ditubuh manusia adalah hormon. Beberapa hormon  utama yang berperan khususnya mempengaruhi suasana hati, emosional dan kesehatan mental adalah dopamin, oksitosin, serotonin dan endorfin. Zat kimia ini disebut juga sebagai  "hormon kebahagiaan".

Ketika kita merasa bahagia, aman, termotivasi atau  bangga, tubuh kita melepaskan zat kimia atau hormon  hormon ini.

Cara Meningkatkan Hormon Kebahagiaan dengan  Mudah dan Alami
Photo by thephotographymuse on flickr

Jenis Hormon Kebahagiaan

1. Dopamin

Dopamin dikenal sebagai salah satu hormon kebahagiaan karena mempengaruhi regulasi kepuasan di otak. Hormon ini memainkan peranan penting dalam perilaku sehari-hari seperti bagaimana kita merasakan, ekspresi emosi,  bergerak, dan makan.

Dalam keadaan bahagia atau kepuasan, kita akan mengalami kenaikan kadar dopamin ini dalam tubuh. Di sisi lain, ketika kadar dopamin yang terlalu rendah bisa muncul perasaan bad mood dan kurang termotivasi.

Beberapa penelitian juga menghubungkan dopamin dengan efek perilaku pada gerakan, kognisi, dan waktu. Aliran dopamin meningkat ketika berhasil  menyelesaikan tugas dengan baik, saat bergembira atau merayakan suatu keberhasilan.

2. Oksitosin

Oksitosin dikenal sebagai hormon cinta karena berperan dalam banyak aspek ikatan sosial, kesetiaan, dan kenikmatan dengan pasangan. Efek produksi oksitosin adalah perasaan tenang, rasa senang dan perasaan aman.

Penelitian menunjukkan bahwa oksitosin memperkuat perilaku dan ikatan pro-sosial. Ketika kita bersemangat tentang keterlibatan sosial, dalam kita sebenarnya terjadi peningkatan kadar hormon oksitosin, yang membuat kita ingin bersosialisasi lebih banyak lagi.

Oksitosin juga meningkatkan kemampuan kita untuk bereaksi terhadap stres dengan cara yang sehat dan adaptif.

3. Serotonin

Serotonin berperan dalam berbagai proses neuropsikologis. Sebagai bahan kimia otak, ia bekerja untuk mengatur suasana hati, keseimbangan energi, fungsi motorik, persepsi nyeri, nafsu makan, dan fungsi kardiovaskular.

Penelitian tentang serotonin menunjukkan bahwa zat kimia ini  terlibat dalam pengaturan banyak aktivitas utama, seperti perilaku, suasana hati, dan memori. Inilah sebabnya mengapa serotonin digunakan sebagai pengobatan utama untuk sejumlah gangguan, seperti  gangguan depresi mayor, PTSD, kecemasan, perilaku agresif, gangguan panik dan gangguan obsesif-kompulsif.

4. Endorfin

Endorfin adalah sekelompok zat kimia yang dikenal sebagai peptida opiat. Endorfin seperti enkephalin dan dinorfin dikaitkan dengan perasaan euforia, kesenangan, dan penghilang rasa sakit.

Endorfin meningkatkan rasa sejahtera dan perasaan bahagia. Di sisi lain, tingkat endorfin yang rendah terkait dengan rasa sakit baik emosional dan fisik, perilaku pengambilan risiko, dan peningkatan risiko kecanduan.

Cara Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

1. Makan Makanan Sehat

Makan makanan bergizi dapat meningkatkan produksi hormon hormon kebahagiaan seperti dopamin. Bahkan, beberapa jenis makanan disebut "makanan untuk otak" karena membantu melepaskan neurotransmiter dan hormon yang menunjang kognisi otak.

Beberapa makanan terbaik untuk meningkatkan  hormon kebahagiaan antara lain:

  • Protein berkualitas baik
  • Kacang kacangan
  • Lemak sehat yang tinggi kandungan HDL dan Omega 
  • Buah dan sayuran yang mengandung antioksidan

2. Bermain Dengan Hewan Peliharaan atau bercanda dengan teman

Bermain dengan hewan peliharaan tentu dapat meningkatkan hormon kebahagiaan, terutama oksitosin, yang merupakan hormon cinta. Jika memiliki hewan peliharaan, membelainya atau bermain-main sebenarnya bagus untuk suasana hati dan kesejahteraan sendiri.

Jika tidak ada hewan peliharaan bercengkramalah dengan teman atau tetangga. Sekedar duduk bersenda gurau sambil menikmati teh hangat dan camilan akan sangan menyenangkan.

Tertawa meningkatkan endorfin, zat kimia otak yang berhubungan dengan kesenangan, motivasi, dan hubungan sosial. Bercanda dengan teman dapat memengaruhi suasana hati Anda dan bahkan membantu meredakan rasa sakit.

3. Peluklah orang orang terdekat

Ingin meningkatkan oksitosin  secara alami ?, maka peluklah pasangan, anak, orang tua, atau orang-orang yang kita cintai. Pelukan membawa perasaan nyaman, kebersamaan dan kegembiraan.

Manusia mendapat manfaat dari  pelukan dan pastikan pelukan itu sedikitnya sekitar 20 detik atau lebih lama. Pelukan  akan  benar-benar yang membuat peningkatan kadar  hormon kebahagiaan.

4. Jalan-jalan di Luar Ruangan

Saya yakin ini bukan pertama kalinya membaca bahwa jalan-jalan di luar baik untuk kesehatan. Berjalan jalan akan membawa perasaan damai dan relaksasi. Nikmatilah lingkungan disekitar tempat tinggal kita. Sesekali pergilah ke pantai atau ke perbukitan,  nikmati suasana alam terbuka.

Kegiatan ini akan meningkatkan produksi serotonin, yang mengatur suasana hati, tingkat energi, dan persepsi rasa sakit.

5. Olahraga

Olahraga atau segala bentuk aktivitas fisik adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kadar serotonin. Bisa dilakukan dengan joging, berenang, bersepeda, angkat berat, yoga, dan lainnya.

Menggerakkan tubuh dan memompa darah membuat kita merasa berenergi dan menstimulasi suasana hati yang lebih baik.

6. Memuji

Tahukah Anda bahwa memberikan pujian kepada seseorang juga dapat meningkatkan suasana hati. Hal kecil seperti ini meningkatkan pelepasan oksitosin, membuat merasa dicintai, memaafkan, dilindungi, dan aman.

7. Tonton Komedi

Jika sedang tidak berada di lingkungan sosial bersama orang lain, Kita masih dapat meningkatkan endorfin tersebut dengan menonton komedi dan hiburan lainnya. Segala bentuk tawa akan meningkatkan zat kimia otak itu dan membantu mengurangi perasaan sedih atau terisolasi.

8. Berpegangan Tangan

Berpegangan tangan meningkatkan pelepasan hormon cinta dan menyebabkan perasaan kebersamaan.

Oksitosin juga akan  membuat kita merasa aman dan bahagia, dan membantu tubuh mengatasi stres dengan baik.

9. Berbuat Kebaikan

Perbuatan kecil dalam hal  kebaikan seperti membatu orang dapat membawa kita pada kebahagiaan dan rasa damai. Hal tersebut  karena membantu meningkatkan kerja bahan kimia otak seperti oksitosin dan dopamin.

Lakukanlah sesuatu yang sederhana, seperti menahan pintu untuk orang asing, terlibat dalam penggalangan dana dan sumbangan, atau bahkan hanya tersenyum pada rekan kerja.

10. Pijat

Rasa sentuhan meningkatkan produksi oksitosin dan akan megurangi stres. Pergi ke tempat  pijat profesional adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Terapi pijat meningkatkan hormon kebahagiaan dan bahkan meningkatkan kekebalan tubuh.

11. Selesaikan Tugas

Ketika bisa menyelesaikan sebuah tugas dengan tuntas, akan menimbulkan kepuasan tersendiri. Kepuasan ini meliputi perasaan keberhasilan, kegembiraan, dan sedikit kehangatan di dalam.

Hal ini disebabkan dorongan dopamin, pusat penghargaan diri mengatakan bahwa kita telah melakukan pekerjaan dengan baik. Setiap kali menyelesaikan sebuah tugas, rayakan selama beberapa detik, dan rasakan hormon-hormon kebahagiaan melakukan pekerjaannya.

Akhir Kata

Pelepasan bahan kimia atau hormon ke bahagiaan, memiliki dampak signifikan pada suasana hati, persepsi, energi, pencernaan, dan banyak lagi.

Hormon kebahagiaan yang bisa ditingkatkan secara alami adalah serotonin, dopamin, oksitosin, dan endorfin. 

Tindakan sederhana seperti tertawa bersama teman, berpegangan tangan, makan makanan sehat, dan berjalan-jalan di luar ruangan dapat membantu meningkatkan kadar hormon kebahagiaan ini.

Beberapa hal diatas  cara mudah dan alami untuk meningkatkan hormon kebahagiaan. Tidak ada risiko atau efek samping dalam melakukan hal-hal tersebut untuk meningkatkan suasana hati yang lebih baik dan kebahagiaan yang lebih besar.

Jika sudah mencoba hal-hal tersebut tetapi masih merasa mood tetap kurang baik atau masih bersedih, mintalah saran dari ahli perawatan kesehatan.

Zul Hendry , Ners., M.Kep
Zul Hendry , Ners., M.Kep Dosen Tetap Program Studi Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Mataram

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Hormon Kebahagiaan dengan Mudah dan Alami"