Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Konsep Kelompok Teman Sebaya dan Perilaku Bullying

Pola emosi pada remaja awal emosinya seringkali menunjukkan sifat sensitive, reaktif yang kuat, emosi yang bersifat negatif dan temperamental (mudah marah), dan cenderung meledak. 

Kecerdasan emosi akan mempengaruhi cara penyesuaian pribadi dan sosial remaja. Masa remaja merupakan masa transisi dimana remaja sangat rentang terhadap terjadinya kenakalan dan kekerasan. Tindak kekerasan yang sering dijumpai di sekolah adalah perilaku bullying.

Kelompok Teman Sebaya dan Perilaku Bullying
Gambar oleh Azmi Talib dari Pixabay

Bullying adalah pola perilaku agresif yang melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan dengan tujuan membuat orang lain merasa tidak nyaman, takut, dan sakit hati yang sering dilakukan atas dasar perbedaan.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Kekerasan terhadap anak secara nasional yaitu DKI Jakarta, Medan, Makassar, NTT, NTB dan Jawa Timur.

Menurut data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat terjadinya tingkat kekerasan yang dilakukan sesama siswa sebesar 41,2% di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan 43,7% untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan kategori tertinggi kekerasan psikologis berupa pengucilan.

Lokasi yang sering menjadi tempat melakukan bullying diantaranya di koridor, ruang kelas, ruang ganti, ruang ganti di belakang sekolah, toilet, atau di jalan menuju rumah. Kekerasan ini dapat dilakukan pada saat jam pelajaran di kelas, istirahat, jam ekstrakulikuler, orientasi sekolah bagi siswa baru, bahkan ada pula terjadi pada saat study tour.

Penelitian yang dilakukan oleh Pratiwi (2013) yaitu peran  teman  sebaya  sangat  berpengaruh terhadap  perilaku  bullying  pada  anak  usia sekolah  saat  ini.  Bentuk  dukungan  teman sebaya terhadap berbagai hal yang dilakukan oleh  temannya  menimbulkan  rasa  empati dan  keakraban  serta  hubungan  emosional yang  memungkinkan  adanya  hubungan kekerasan  terhadap  teman  sebaya  mereka yang lain.

Untuk lengakpnya silahkan di unduh file pdf melalui tombol download dibawah ini.


Muhammad Alwi Andi, S.Kep., MMR
Muhammad Alwi Andi, S.Kep., MMR Dosen Keperawatan dan Manajemen Rumah Sakit. di STIKES YARSI MATARAM

Posting Komentar untuk "Konsep Kelompok Teman Sebaya dan Perilaku Bullying"