Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Uji Kompetensi Perawat Seri 1 (Bagian 3)

Soal 41
Seorang wanita  mengalami kecelakaan lalulintas. Anda berada Di TKP, dalam primary survey , dicurigai korban mengalami fraktur cervical
Apa tindakaan Untuk membebaskan jalan nafas korban ?
a. Head Tild 
b. Jaw thrust
c. Head Tild – Chin Lift
d. Chin lift
e. Finger sweeb

Soal 42
Seorang  lak- laki umur 35 , datang ke UGD dengan kecelakaan lalu lintas  5 jam yang lau, kesadaran menurun. GCS: E: dengan nyeri; M: menekuk; V: mengerang. Refleks pathlogik (+),
pemeriksaan diagnostic apa yang perlu di lakukan untuk kasus di atas?
a. Lab Darah Rutin
b. Rontgen Thorakolumbal
c. CT Scan
d. MRI
e. Myelografi

Soal 43
Seorang wanita usia 45 tahun, masuk  UGD dengan keluhan: tidak sadarkan diri, ada perdarahan dari hidung, mulut dan telingah, Observasi vital sign adalah: T: 130/ 80   mmHg, Nadi: 130 kali permenit, RR:25  kali permenit; ada bunyi gurgling (seperti Berkumur).
Tindakan proritas yang dilakukan untuk membebaskan jalan nafas
a. Suction
b. Pasang O2
c. Pasang endotracheal tube
d. Pasang Oropharingeal tube
e. Pasang Nasopharingeal tube

Soal 44
Seorang perempuan,usia 55 tahun, masuk ruang ICU dengan keluhan nyeri dada kiri menjalar ke  bagian bahu , lengan , terasa sampai ke punggung.rasa seperti terbakar,dan berat . tidak hilang jika istirahat.
Apa diagnose keperawatan untuk kasus diatas?
a. Pola nafas tidak efektif b/d depresi pernafasan
b. Penurunan curah jantung b/d gangguan kontraktilitas miocard
c. Nyeri b/d iskemik jaringan miokard
d. Gangguan perfusi b/d peningkatan tekanan vasculer
e. Aktifitas intolerance b/d kelemahan fisik

Soal 45
Seorang laki - laki , usia  47 tahun, masuk UGD , dengan luka bakar, keadaan umum: kesadaran komposmentis, bibir kering, observasi tanda- tanda vital: tensi: 100/80 mmHg, Nadi: 120 kali/ menit lemah, irreguler, akral dingin.
Berapa produksi urine yang normal untuk kasus diatas?
a. 30 – 50 cc/jam
b. 50 – 75 cc/ Jam
c. 80 – 100 cc/jam
d. 100 – 200 cc/jam
e. 200 – 250 cc/ jam

Soal 46
laki- laki , usia 50 tahun. masuk UGD , keluhan  BAB 6 kali, encer. Muntah 2 kali , setelah di kaji : kesadaran apatis, Observasi tanda - tanda vital: T: 90/ 60 mmHg,  nadi : 120 kali/menit, cepat dan kuat. RR:  30 kali / menit. Akral dingin. Turgor kulit kembali > 3 detik. Sianosis.   BB: 60 Kg. (jumlah skor: 10). Perencanaan untuk pasien ini adalah : koreksi cairan
Berapa banyak cairan yang akan diberikan untuk kasus di atas pada 2 Jam pertama
a. 2000 cc
b. 3000 cc
c. 4000 cc
d. 5000 cc
e. 6000 cc

Soal 47
Seorang korban kebakaran , datang ke UGD jam 13.00Wita. kejadian kebakaran jam 12.00Wita. Luas luka bakar. 20 %. Berat Badan : 50 Kg. 
Berapa jumlah cairan yang harus di berikan kepada korban pada  8 jam pertama ( Rumus Baxter)
a. 2000 cc
b. 3000 cc
c. 4000 cc
d. 5000 cc
e. 6000 cc

Soal 48
Seorang  mengalami kecelakaan lalu lintas , Masuk  UGD. Dengan fraktur 1/3 Distal Humerus Dextra , keadaan umum: kesadaran apatis. Ekstremitas dingin, kulit pucat. Rencana Tindakan yang akan dilakukan adalah  resusitasi cairan
Apa Jenis cairan yang cocok untuk kasus diatas?
a. Ringer Laktat
b. NaCl 0,9 %
c. Dextrosa 5%
d. Dextrosa 10%
e. Albumin

Soal 49
Seorang perempuan  bersama putranya  sedang makan bakso di rumah makan. Mendadak    putranya  tidak bisa berbicara, batuk - batuk  sambil memegang leher .
Apakah  tindakan yang paling tepat ?
a. Melakukan Heimich manuver
b. Meminta korban untuk tetap batuk dengan keras
c. Melakukan CPR
d. Merujuk korban ke RS terdekat
e. Melakukan back trust

Soal 50
Seorang gadis 24 tahun, di bawah ke UGD dalam keadaan tidak sadar . Menurut keluarga : korban ditemukan 2 jam yang lalu, di dalam kamar dalam keadaan tidak sadar. Disamping korban terdapat sebuah kaleng baygon.
Apa prioritas Rencana tindakan  keperawatan anda?
a. Rangsang untuk muntah
b. Beri minum air putih yang banyak
c. Kumbah lambung/ bilas lambung
d. Rekam EKG
e. Beri minum kopi 

Soal 51
Seorang wanita berumur 19 th dibawa ke RSJ untuk ke 3 kalinya dengan keterangan keluarga kambuhnya kali ini terjadi sesaat setelah klien menonton sendratari dengan lakon seorang bidadari cantik, riwayat dahulu klien pernah diperkosa beramai-ramai oleh preman setelah kejadian ini klien sangat takut untuk berhubungan dengan orang lain terutama laki-laki, sering mengatakan dirinya kotor dan jelek, sering menyendiri dgn melakukan gerakan stereotipe dengan mencuci terus tangannya sampai kusut. Gejala lain yang ditemukan saat ini klien sering mencari tempat sepi sambil melabai - lambaikan tangan sambil menari dan ketika ditanya klien mengatakan dirinya sedang terbang ke sorga dan selalu menyebut dirinya seorang bidadari cantik.
Core Problem pada kasus diatas berdasarkan pohon masalah adalah ...
a. Gangguan body image
b. Waham kebesaran
c. Gangguan alam perasaan
d. Harga diri rendah
e. Halusinasi

Soal 52
Seorang laki-laki berumur 19 tahun sering murung karena kondisi fisiknya yaitu bagian wajahnya yang terkena luka bakar akibat kecelakaan, klien menolak untuk menatap wajarnya di cermin, klien sering menangis dan tersinggung jika ada yang menanyakan tentang kondisi wajahnya dan sering mengatakan dirinya jelek dan tidak layak. 
Diagnosa yang cocok untuk masalah diatas adalah ...
a. Ideal diri rendah
b. Harga diri rendah
c. Gangguan body image
d. Gangguan peran diri
e. Gangguan identitas diri

Soal 53
Seorang laki-laki usia 27 tahun dirawat di RSJ untuk kedua kalinya. Hasil anamnesa dengan keluarga didapatkan data:  sejak  putus dengan pacarnya 1 bulan yang lalu, pasien sering duduk sendiri,pasien mengatakan dirinya sudah tidak berguna lagi, 3 tahun yang lalu pernah gagal test masuk TNI, 2 tahun yang lalu di PHK dari kerjanya. Adik dari ibunya pernah menderita penyakit yang sama.
Apakah faktor presipitasi dari kasus tersebut ?
a. Diberhentikan dari pekerjaaannya
b. Gagal masuk tes tentara
c. Adik ibu klien menderita penyakit yang sama
d. Pernah dirawat di RSJ
e. Putus dengan pacarnya

Soal 54
Seorang pria berusia 38 tahun dirawat di RSJ selama dirumah sering menyendiri, tidak mau mandi, membanting benda-benda, memecahkan kaca, bahkan memukul istrinya. Hasil anamnesa "Saya merasa jengkel di rumah karena sejak saya tidak kerja dari sebulan yang lalu istri saya meremehkan saya, saya memang orang yang tidak berguna", terkadang duduk sendiri, mondar-mandir, rambut lusuh. 
Apakah masalah keperawatan utama pada kasus diatas ?
a. Kerusakan interaksi sosial
b. Risiko perilaku kekerasan
c. Harga diri rendah situasional
d. Gangguan persepsi sensori visual
e. Defisit perawatan diri

Soal 55
Seorang pria berusia 38 tahun dirawat di RSJ selama dirumah sering menyendiri, tidak mau mandi, membanting benda-benda, memecahkan kaca, bahkan memukul istrinya. Hasil anamnesa "Saya merasa jengkel di rumah karena sejak saya tidak kerja dari sebulan yang lalu istri saya meremehkan saya, saya memang orang yang tidak berguna", terkadang duduk sendiri, mondar-mandir, rambut lusuh.
Apakah masalah keperawatan utama pada kasus diatas ?
a. Mendiskusikan penyebab istrinya meremehkannya
b. Mendiskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki
c. Mengajarkan teknik nafas dalam secara perlahan
d. Mengenal perilakunya yang destruktif dan emosional
e. Meminta klien bersabar dan menerima keadaannya 

Soal 56
Seorang perempuan usia 21 tahun rawat inap di RSJ. Hasil pengkajian: pasien sering melanggar aturan, merasa dirinya hampa, tidak mampu berempati dengan orang lain, suka mengritik orang lain yang berlebihan, mengeluh khawatir akan kehidupannya, terkadang melamun dan mondar-mandir sambil mengepalkan tangannya, keinginannya menjadi polisi belum tercapai.
Apakah masalah keperawatan yang utama pada pasien tersebut ?
a. kerancuan identitas
b. harga diri rendah
c. kerusakan interaksi sosial
d. risiko mutilasi diri
e. ideal diri tidak realistik

Soal 57
Seorang wanita usia 30 tahun di rawat di RSU, diperoleh data : pasien merasa tidak bahagia, banyak masalah yang menimpanya,kadang melamun sendiri, malas bergaul, Pasien mengatakan “Tuhan tidak adil kenapa hidup saya menderita, padahal saya sudah sering sembahyang”, rajin berdoa dan memujaNya,malas saya lebih baik sering tidur saja.
Apakah masalah keperawatan  yang utama kasus di atas ?
a. sedih kronik
b. distres spiritual
c. kerusakan interaksi sosial
d. gangguan identitas personal
e. Koping individu tidak efektif

Soal 58
Seorang wanita, 35 tahun, datang ke poliklinik jiwa mengeluh : tidak bisa tidur sejak seminggu yang lalu, malas beraktivitas, nafsu makan terganggu, sulit konsentrasi, dan berpikir negatif tentang dirinya, masa depan, dan pengalamannya.
Apakah tindakan keperawatan yang tepat untuk kasus di atas ?
a. Konseling direktif
b. Psikoterapi suportif
c. Visualisasi
d. Relaksasi progresif
e. Self hypnosis

Soal 59
Seorang wanita usia 28 tahun di rawat di RSU, diperoleh data : pasien mengeluh hidupnya hampa,  hatinya kosong, malas beraktivitas, sulit konsentrasi, sulit tidur dan merasa tidak berguna.
Apakah tindakan keperawatan manajemen stres yang tepat pada kasus di atas ?
a. Visualisasi
b. Meditasi
c. Relaksasi progresif
d. Latihan keterampilan koping
e. Biofeedback

Soal 60
Seorang perempuan usia 28 tahun masuk IRD RSJ diantar oleh keluarganya karena di rumah sering bengong, melukai tangan kananya dengan silet. Saat pengkajian mengatakan sudah tidak berguna lagi,dan lelah dengan beban kehidupan yang dialaminya, rambut terurai, terkadang menyayat tangannya dengan silet,tampak membenturkan kepalanya ke tembok, meremas tangannya sekuatnya.
Apakah masalah yang utama pada kasus tersebut ?
a. Mutilasi diri
b. Harga diri rendah kronik
c. Risiko perilaku kekerasan
d. Defisit perawatan diri
e. Gagal dalam mencapai ideal diri


Kunci Jawaban :
41. A        42. C        43. A        44. C        45. A        46. C        47. C        48. A        49. B        50. C
51. D        52. C        53. E        54. B        55. A        56. D        57. B        58. B        59. A        60. A




Zul Hendry , Ners., M.Kep
Zul Hendry , Ners., M.Kep Dosen Tetap Program Studi Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Mataram

Posting Komentar untuk "Soal Uji Kompetensi Perawat Seri 1 (Bagian 3)"